by

Program Ramadhan Menyapa LP2M IAIN Cirebon Berikan Edukasi dan Tumbuhkan Solidaritas

CIREBON, SC- Program Ramadhan Menyapa on The Spot yang dimotori Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon resmi ditutup, Senin (10/5/2021).

Ketua LP2M IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Ahmad Yani MAg mengatakan, penutupan kegiatan ini dilaksanakan secara terbatas. Hal itu dilakukan karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19.

“Penutupan ini sengaja dilaksanakan di kampus (IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Karena kita dari kampus, turun ke masyarakat, dan sekarang kembali ke kampus,” kata Kang Yani –sapaan Dr H Ahmad Yani MAg– saat memberikan sambutan dalam acara penutupan program tersebut.

Dia memaparkan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan LP2M IAIN Syekh Nurjati Cirebon setiap tahunnya. Bahkan, kegiatan tersebut telah dilaksanakan sejak tahun 2009 lalu dan pada tahun 2021 ini telah menginjak tahun ke 12.

BACA JUGA: Fifi Novianty, Alumni IAIN Cirebon Jadi Lulusan Magister Tercepat dan Terbaik di KPI UIN Yogyakarta

“Selama bulan Ramadhan ada 12 spot yang menjadi tempat kegiatan ini, seperti di perempatan jalan dan masjid,” jelasnya.

Sepanjang 12 kali kegiatan yang dilaksanakan tersebut, Kang Yani memaparkan, pihaknya telah membagikan 700 paket bukber, yaitu nasi kotak dan takjil, dan 200 paket sembako.

“Jadi totalnya itu ada 900 penerima dan penerima tersebut juga tentu berbasis asnaf,” paparnya.

Kang Yani mengungkapkan, dalam setiap pelaksanaan Program Ramadhan Menyapa On The Spot ini pasti memuat 3 poin, yaitu dakwah, edukasi, dan solidaritas.

“Dakwah itu untuk menyampaikan pesan tentang keagamaan. Kalau edukasi yaitu terkait pencegahan Covid-19 dan membiasakan hidup bersih. Sedangkan solidaritas yaitu setiap kegiatan kita berbagi dengan mebawa paket menu berbuka dan paket sembako untuk dibagikan kepada masyarakat,” terangnya.

Yang menjadi sasaran, Kang Yani menjelaskan, yaitu yatim piatu, jompo, marbot masjid, santri, ojek online, anak jalanan, abang becak, dan korban PHK.

BACA JUGA: LP2M IAIN Syekh Nurjati Gelar Semarak Ramdhan Menyapa On The Spot Bersama Wakil Wali Kota Cirebon

Tujuan kegiatan ini, imbuh dia, yaitu untuk meningkatkan kepedulian IAIN Syekh Nurjati Cirebon terhadap masyarakat di sekitar kampus khususnya dan Cirebon pada umunya.

“Semoga ini bisa mewakili kampus di tengah situasi pandemi Covid-19 ini untuk tetap eksis memberikan bantuan sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat,” ujar Kang Yani.

Sementara itu, Wakil Rektor II IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr Kartimi MPd mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi LP2M kampus setempat yang telah melaksanakan program Ramadhan Menyapa On The Spot di bulan suci ini.

“Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya. Ini adalah salah satu kegiatan LP2M IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk menggalang solidaritas masyarakat, khususnya di wilayah Cirebon,” ujar Kartimi. (Arif)

Comment