by

Camat Jamblang Minta Kuwu Perhatikan SDGs

KABUPATEN CIREBON, SC – Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon mengadakan sosialisasi Sustainable Development Goals (SDGs).

Camat Jamblang, Drs H Abadi MSi menjelaskan, SDGs adalah tujuan pembangunan yang berkelanjutan.

“Artinya desa dalam menetapkan suatu bangunan jangan sampai menghilangkan harapan generasi berikutnya, jadi harus berkesinambungan secara terus-menerus dan tidak hanya menguntungkan pembangunan saat ini saja,” kata Abadi, Selasa (18/5/2021).

Pihaknya tidak ingin generasi penerus yang ada di salah satu desa di wilayahnya, tidak mendapat apa-apa karena sumber daya habis diekspolitasi di masa kini.

“Jadi pemerintah mendorong dan menginstruksikan kepada seluruh desa dan seluruh kuwu agar melakukan SDGs ini dalam menentukan pembangunan jangka panjang,” ujarnya.

Ia mencontohkan, kebijakan mempertahankan tanah pertanian bertujuan agar jangan sampai tanah pertanian yang notabenenya sudah ditetapkan oleh pemerintah daerah menjadi tanah pertanian abadi berlaih fungsi.

“Lahan pertanian abadi tidak boleh beralih fungsih. Kalau beralih fungsih nanti generasi berikutnya tidak mendapat apa-apa, bisa jadi nanti kontra produktif sangat merugikan generasi kita yang akan datang,” tegasnya.

BACA JUGA: Desa di Kabupaten Cirebon Didorong Bentuk Satgas Khusus Sampah

Karena itu, menurut Abadi, SDGs itu sangat penting dan ditetapkan menjadi target pembangunan desa.

“Saya sangat berharap agar para kuwu membuat target pembangunan yang berkelanjutan dengan melalui tahapan-tahapannya, seperti pendataan potensi yang ada di masing-masing desa semuanya didata baik potensinya maupun sumber daya manusianya,” katanya.

Selanjutnya, pihak pemdesa pun menetapkan potensi yang ada di desa sebagai modal pembangunan.

“Jadi mudah-mudahan sampai akhir bulan ini sudah selesai sesuai dengan intruksi pemerintah,” pungkasnya. (Vicky)

Comment