by

Tradisi Syawalan Pemdes Weru Kidul Tiadakan Ziarah

KABUPATEN CIREBON, SC- Pemerintah Desa (Pemdes) Weru Kidul, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon menggelar tradisi Syawalan bersama masyarakat dan perangkat desa yang berlangsung di Masjid Al-Arofah desa setempat.

Kuwu Weru Kidul, Nurwenda mengatakan, kegiatan Syawalan ini rutin dilaksanakan pada setiap tahunnya dan diisi dengan halalbihalal masyarakat, pengajian dan doa bersama.

Menurut Nurwenda, kegiatan ini dilaksanakan selain dapat menjadi sarana silaturahmi bagi masyarakat setempat sekaligus untuk memupuk keimanan dan ketakwaan kepala Allah Swt. Syawalan pada tahun ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Biasanya kami bersama masyarakat berziarah ke Gunungjati, tetapi karena lagi di masa pandemi seperti ini maka kami mengadakan acaranya secara sederhana tapi bermakna,” katanya, Kamis (20/05).

Nurwenda bersyukur walaupun acara secara sederhana tetapi tidak mengurangi antusiasme dari warga untuk mengikuti acara syawalan ini dengan protokol kesehatan yang ketat. Sebelum masuk ke masjid diperiksa suhu tubuh dan wajib mengenakan masker serta menjaga jarak.

BACA JUGA: Jangan Asal, Mutasi di Kabupaten Jangan Sampai Salah Tempatkan ASN

Dijelaskan, dengan adanya kegiatan ini dapat memperat tali silaturahmi antara pemerintah desa dengan masyarakat dan menjaga keharmonisan masyarakat serta berguna untuk membina rasa kebersamaan, persatuan, keguyuban, kerukunan sesama warga.

“Saya berharap masyarakat Desa Weru Kidul terus meningkatkan ibadahnya tidak hanya di bulan suci Ramadan tetapi di bulan-bulan yang lain pun selalu ditingkatkan,” pungkas Kuwu Nurwenda. (Vicky)

Comment