by

PAN Kota Cirebon Kutuk Tindakan Israel pada Palestina

KOTA CIREBON, SC- Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Cirebon mengutuk keras tindakan brutal serangan zionis Israel terhadap warga sipil yang berada di Kota Gaza dan Yerussalem Palestina, beberapa waktu lalu. Sedikitnya, lebih dari 200 warga Palestina terbunuh oleh rudal dan bom Israel.

Hal itu diungkapkan anggota Fraksi PAN DPRD Kota Cirebon, M Fahrozi kepada Suara Cirebon di sela-sela aksi bela Palestina di depan gedung DPRD Kota Cirebon, Jumat (21/5/2021) lalu.

Menurutnya, tindakan brutal aparat Israel di Masjid Al-Aqsha kepada warga sipil Palestina di Kota Gaza dan Yerussalem,  merupakan tindakan yang bertentangan dengan HAM. Karena itu, pihaknya mengutuk keras seluruh tindakan brutal agresi militer Israel terhadap umat Islam di Palestina.

“Tidak cukup hanya mengutuk, harus ada sanksi tegas. Jalur diplomasi dan komunikasi dengan berbagai negara perlu dilakukan,” tegasnya.

BACA JUGA: DPC PKB Kota Cirebon Serahkan SK ke KPU

Menurut Fahrozi, pembelaan kepada Palestina merupakan tugas kemanusiaan yang sejalan dengan nilai Pancasila dan UUD 1945.

“Sebagai manusia yang beradab yang menolak segala tindakan biadab dan brutal yang menghancurkan nilai-nilai kemanusiaan yang bersifat universal sebagaimana yang termaktub dalam sila ke 2 dalam Pancasila yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab, kita harus membela Palestina,” ujarnya.

Menurutnya, Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan meminta kader PAN yang duduk di Fraksi PAN DPRD di tingkat daerah agar bergerak membantu Palestina dengan menggalang donasi.

“Kita, PAN dari pusat, DPR RI, Ketua Umum, dan sampai ke daerah khususnya di Kota Cirebon, sudah melakukan hal-hal nyata dengan memberikan donasi. DPP PAN melakukan aksi turun ke jalan untuk mengimbau kepada semua kader PAN seluruh Indonesia, terutama saya di Kota Cirebon. Maka dari itu saya sampaikan lewat turun ke jalan untuk memberikan donasi dan menyumbang materi untuk membantu Palestina,” katanya.

Menurut Fahrozi, PAN sudah berperan dengan bukan hanya turun ke jalan, namun juga dengan memberikan statement pembelaan di media.

BACA JUGA: Wow.. IAIN Cirebon Semakin Diminati, Jumlah Pendaftar Jalur UM-PTKIN Meningkat Lebih dari 100 Persen

“Sekarang kami membantu turun ke jalan bersama FUI Cirebon untuk menggalang dana yang nantinya diutamakan untuk membangun kembali insfratruktur di Palestina karena banyak yang hancur akibat dari rudal dan bom Israel,” ujarnya.

Selain itu, kata Fahrozi, donasi ini juga akan digunakan untuk permukiman masyarakat dan santunan untuk keluarga warga Palestina yang sudah meninggal dunia akibat serangan zionis Israel.

“Alhamdulillah sudah terkumpul, dan informasinya sudah terkumpul 40 juta dari hasil aksi bela Palestina dan galang dana hari ini,” katanya. (Yusuf)

Comment