by

Fasilitas Medis Swasta Sumbang Angka Kumulatif Covid-19

KOTA CIREBON, SC – Pemeritah Kota Cirebon menyebut, penambahan kasus positif Covid-19 salah satunya disebabkan banyaknya fasilitas pelayanan medis swasta seperti rumah sakit atau laboratorium yang melayani tes PCR melaporkan kasus positif Covid-19 secara kumulatif dan tidak dilakukan laporan harian.

Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi mengatakan, kondisi kenaikan kasus yang tinggi diharapkan tidak terjadi lagi di proses evaluasi penilaian tingkat risiko penularan Covid-19 tingkat Provinsi Jawa Barat pada periode berikutnya.

Menururnya, yang terjadi pada proses evaluasi periode kemarin adalah adanya rumah sakit swasta dan laboratorium medis yang melayani pengetesan PCR, melaporkan kemunculan kasus positif secara kumulatif.

Sehingga, menurut Agus, angka kenaikan kasus positif Covid-19 di Kota Cirebon yang dilaporkan kembali oleh Dinkes ke Provinsi Jawa Barat otomatis menjadi cukup banyak. Namun, ia tidak menyangkal jika Kota Cirebon saat ini satu-satunya daerah yang dikategorikan zona merah penularan Covid-19 di Jawa Barat.

BACA JUGA: Begal Payudara di Cirebon Berhasil Dibekuk

“Ke depannya bisa diperbaiki sistem pelaporannya. Kami berharap rekan-rekan rumah sakit swasta dan laboratorium medis yang melayani tes PCR bisa koordinasi pelaporan kasus positif ke dinkes secara harian, supaya angkanya tidak ditumpuk secara kumulatif,” kata Agus, Kamis (27/5/2021).

Ia berharap, evaluasi penilaian zona risiko Covid-19 oleh Pemprov Jawa Barat, Kota Cirebon akan kembali turun tingkat risiko penularannya, ke zona kuning atau bahkan bisa langsung ke hijau.

“Evaluasi berikutnya tanggal 31. Mudah-mudahan hasilnya di awal Juni nanti bisa turun lagi tingkat risikonya ke kuning atau langsung ke hijau,” harapnya.

Karena menurutnya, secara faktual pada pemantauan zona risiko skala mikro, di Kota Cirebon tidak ada satu RT pun yang berstatus zona merah.

“Karena di Kota Cirebon tidak ada satu pun RT yang dalam lingkungannya terdapat lebih dari lima rumah yang penghuninya dinyatakan positif Covid-19,” tandasnya. (Surya)

Comment