by

Foodbank PKB Bantu UMKM dan Masyarakat

KABUPATEN CIREBON, SC- Anggota Fraksi PKB DPRD Kabupaten Cirebon, Hj Ismiyatul Fitihiyah Yusuf membagikan makanan siap santap di beberapa desa di Kecamatan Pabedilan, Kabupaten Cirebon, Jumat (4/6/2021) lalu.

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan program DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang menginstruksikan agar kader PKB di seluruh daerah untuk melaksanakan program food bank, sebagai langkah membantu masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

“Saat ini masyarakat yang hidup di masa pandemi Covid-19 hampir sebagian besar bermasalah pada sektor perekonomiannya, maka foodbank hadir berupaya agar roda perekonomian masyarakat kecil tetap bisa berputar,” ujarnya.

Anggota DPRD daerah pemilihan (dapil) V Kabupaten Cirebon itu menjelaskan, konsep foodbank dari DPW PKB Jabar agak berbeda dengan konsep foodbank pada umumnya. Jika gerakan foodbank lainnya lebih pada upaya untuk mengumpulkan sisa makanan, foodbank DPW PKB Jabar ini membeli makanan dari para pedagang kecil yang terdampak pandemi. Makanan-makanan itu kemudian disalurkan kepada mereka yang membutuhkan.

“Sebelum sebelum membagikan makanan siap santap ini, tadi kami mencari sasaran empat pedagang makanan. Setelah dikemas, makanan yang sudah dikemas tersebut disebar di beberapa desa di Kecamatan Pabedilan,” kata Ismiyatul di sela pembagian makanan siap santap didampingi tim yang membantunya.

Pantauan Suara Cirebon di lapangan, meski tidak secara gambling, namun setiap warga yang menerima bantuan makanan disampaikan salam dari Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar atau Gus Ami.

“Tagline foodbank yang digagas PKB ini adalah membela usaha warungan tebar kebaikan,” terangnya.

Dengan tagline tersebut, ia menjelaskan, sasaran dari program foodbank adalah membantu warga terdampak Covid-19 dan juga para pedagang kecil warungan atau UMKM dagangan mereka dibeli kemudian setelah dikemas dibagikan kepada masyarakat ke beberapa titik desa yang ada diwilayah masing-masing kader PKB.

“Kegiatannya dilaksanakan berbarengan dengan Jumat berkah. Program ini sudah dicanangkan DPP PKB sejak awal tahun 2021 dan dilaksanakan setiap hari Jumat,” katanya.

BACA JUGA: DPC PKB Kota Cirebon Serahkan SK ke KPU

Dalam setiap pelaksanaan, sedikitnya pihaknya memborong dagangan empat pedagang warungan untuk kemudian disebar ke masyarakat.

“Ini adalah program positif, mudah-mudahan akan terus berlanjut demi membantu perekonomian masyarakat sekitar,” tandasnya. (Baim)

Comment