by

Kasus Covid-19 Tembus 10 Ribu

KABUPATEN CIREBON, SC- Menanggapi kasus positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon yang angkanya tembus di angka 10 ribu lebih, Bupati Cirebon, H Imron MAg, menyebut Pemkab Cirebon melalui Satgas Penanganan Covid-19 masih tetap melakukan langkah-langkah pencegahan dan pengendalian.

Menurut Imron, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon masih tetap mengedukasi dan mengajak masyarakat menerapkan prokes yang ketat. “Bahkan minggu kemarin Satpol PP juga masih melakukan penyekatan di perbatasan ketika kota Cirebon masih dinyatakan zona merah,” ujar Imron kemarin, (9/6/2021).

Imron menyebut, penyebaran Covid-19 di Kabupaten Cirebon masih terkendali. Bahkan, libur lebaran kemarin juga dinilai tidak berdampak signifikan terhadap lonjakan kasus di Kabupaten Cirebon. Dikatakan Imron, penyebab kenaikan kasus positif hingga lebih dari 10 ribu tersebut, karena masyarakat tidak disiplin menjalankan prokes. Ketidakdisiplinan tersebut, ditengarai karena masyarakat sudah merasa jenuh dengan pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung cukup lama.

“Kalau sebelumnya kan masyarakat sudah mulai mengerti dan sudah ada kesadaran. Tapi karena Covid-19 terlalu lama yang berdampak juga dengan ekonomi, sehingga hal-hal yang berisiko kadang dilupakan karena mereka memandang ekonomi lebih utama. Tapi kita harus tetap memberikan informasi dan mengedukasi dan mengajak masyarakat menerapkan prokes agar terhindar dari Covid-19,” jelas Imron.

Oleh karena itu, sehebat apapun upaya Pemkab Cirebon menekan penyebaran Covid-19, tidak akan berarti apa-apa tanpa partisipasi dari masyarakat. Pihaknya pun terus mengajak seluruh elemen masyarakat Kabupaten Cirebon berperan aktif membantu pemerintah mencegah penyebaran Covid-19. “Salah satu caranya adalah mematuhi protokol kesehatan, karena ini cara paling mudah dan paling ampuhnya,” ujar Imron.

Diakui Imron, saat ini Satgas Penanganan Covid-19 belum melakukan evaluasi kembali terkait jumlah kasus yang sudah lebih dari 10 ribu tersebut. Padahal kegiatan tersebut biasanya rutin dilakukan oleh Satgas Penanganan Covid-19. Berdasarkan data yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon, hingga kini jumlah kasusnya mencapai 10209 orang. Dari jumlah tersebut, terdapat 667 orang yang masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit maupun isolasi mandiri. Sedangkan kasus positif yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 9065 orang. Dan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang meninggal dunia sebanyak 450 orang. (Islah)

Comment