by

Petugas Vaksinasi Lansia Gebang Ilir

KABUPATEN CIREBON, SC- Petugas Puskesmas Gebang memvaksinasi sebanyak 200 warga Desa Gebang Ilir, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon,  yang terdiri dari warga lanjut usia (Lansia) dan unsur lembaga kemasyarakatan tahap pertama, bertempat di kantor desa setempat, Sabtu (12/06/2021).

Kuwu Gebang Ilir H. Selamet menyampaikan pelaksanaan vaksinasi tahap pertama ini dilaksanakan selama dua hari, yakni Jumat dan Sabtu (11-12/06/2021), sasaran vaksinasi ini yakni lansia serta  lembaga desa, yang memang belum dilakukan vaksinasi.

Dengan Tim kesehatan turun langsung ke desa, ini bertujuan agar masyarakat khususnya lansia dapat dengan mudah menjangkau lokasi vaksinasi.   

Ditambahkan Selamet, vaksinasi Covid-19 bagi warga Lansia memang mendapat prioritas, pasalnya  Lansia dinilai rentan terkena  penularan penyakit, selain itu agar mereka memiliki imun yang kuat sehingga terhindar dari penularan virus Covid-19.

Vaksinasi  ini dilaksanakan dalam turut mensukseskan program pemerintah yakni Vaksinasi kepada masyarakat, dan masyarakat gebang ilir sangat antusias dalam mengikuti vaksinasi tahap pertama, karena ini demi menjaga diri dan keluarga serta lingkungan sekaligus dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 semakin merebak khususnya di Desa Gebang Ilir.

“Meskipun sudah di Vaksinasi,  bukan berarti mengabaikan Protokoler Kesehatan (Prokes),  namun masyarakat tetap wajib terapkan Prokes dalam setiap aktifitas keseharian,” ujar Selamet kepada Suara Cirebon.

Selain itu, Selamet menyampaikan masyarakat Desa Gebang Ilir pun tercatat banyak yang bekerja di luar negeri,  atau merantau dibeberapa daerah di luar Cirebon. Di tengah pandemi seperti saat ini, dirinya mengimbau agar setiap warga yang baru datang dan kembali dari rantau agar tetap berkoordibasi dengan tim satgas Covid-19 desa, tujuannya untuk meminimalisir penyebaran itu sendiri.

“Sekitar 3 persen dari 6.507 jiwa, yang menjadi TKW, dipastikan mereka datang sudah memenuhi ketentuan seperti telah memiliki sertifikat bebas Covid-19, artinya mereka sudah dinyatakan sehat,” ungkapnya.

BACA JUGA: Kasus Covid-19 Tembus 10 Ribu

Akan tetapi pihaknya dalam hal ini tetap mengimbau kepada warga yang baru kembali ke Desa Gebang Ilir maupun masyarakat keseluruhan agar tetap kedepankan Prokes dengan menggunakan Masker,  Menjaga Jarak, Mencuci Tangan dengan sabun, Menghindari Kerumunan, Mengurangi Mobilitas, (5M)

“Vaksinasi  pada tahap berikutnya agar masyarakat gebang Ilir,  lebih antusias untuk mengikuti vaksinasi sebagai program pemerintah untuk melindungi warga dari pandemi Covid-19,” harap Selamet. (Baim)

Comment