by

Pekerja Seni Musik Terancam Kehilangan Pekerjaan

KOTA CIREBON, SC- Dampak pandemi Covid-19 hingga saat ini masih dirasakan oleh semua kalangan masyarakat kelas menengah ke bawah. Salah satu sektor yang terdampak Covid-19 ialah para pekerja seni yang hampir kehilangan pekerjaannya. Musikus, pekerja film, seniman teater, seniman tari, hingga seni lainnya sempat mengalami masa sulit akibat pandemi Covid-19.

Hal itu diungkapkan salah seorang pekerja seni musik senior, Supardi. Sebagai seorang seniman musik senior yang ada di Kota Cirebon, Supardi pernah membuat sebuah perkumpulan yakni forum Silaturahmi Seniman Cirebon (SSC).

Menurut Supardi, SSC dibuat untuk mempererat tali silaturahmi antarsesama seniman yang ada di Kota Cirebon. Apalagi di masa pandemi Covid-19, lanjut dia, dimana seniman memang sulit untuk mengembangkan sayap.

“Pada masa seperti saat ini sangat sulit untuk mengembangkan potensi dalam hal kesenian, khususnya seni musik. Bukan hanya mengembangkan potensi, tapi kami hampir kehilangan pekerjaan dalam bidang kesenian. Untuk itu kami membuat sebuah perkumpulan yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi, antara seniman yang sudah senior, maupun yang junior,” kata Ketua SSC itu, belum lama ini.

Menurut Supardi, seniman di Kota Cirebon sebetulnya banyak, akan tetapi mereka belum bisa mengembangkan potensinya karena pandemi Covid-19 ini.

“Bukan hanya seniman Kota Cirebon yang ada di SSC. Kami juga menerima seniman yang ada di Kabupaten Cirebon, bahkan ada juga seniman dari Kabupaten Indramayu, yang ingin bergabung,” ucapnya.

Kemudian, lanjut Supardi, karena sudah ada perkumpulannya, maka akan dia buat program tahunan, tentu saja akan menerapkan protokol kesehatan, karena masih dalam pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Gazebo Pujasera Disulap Jadi Pasar Seni

Dia pun berharap, agar para seniman bisa tersentuh terutama band-band muda yang mempunyai potensi. Karena band yang mempunyai potensi itu sebetulnya ada, hanya saja hingga saat ini masih belum tersentuh campur tangan pemerintah.

“Kami menginginkan agar pemerintah setempat itu setidaknya tahu saja, bahwa seniman di Kota Cirebon itu ada, tapi hingga saat ini memang belumĀ  banyak yang tahu, bahkan tersentuh oleh tangan pemerintah,” pungkasnya. (Yusuf)

Comment