by

Bupati: Peran Polisi di Masa Pandemi sangat Dirasakan

KABUPATEN CIREBON, SC- Jabatan Kapolresta Cirebon diserahterimakan dari Kombes Pol M Syahduddi, SIK, MSi, kepada pejabat yang baru, Kombes Pol Arif Budiman, SIK, MH di Polda Jabar, pada Selasa (15/6/2021). Sehari kemudian, pisah sambut kedua pejabat tersebut digelar di ruang Nyi Mas Gandasari Setda Kabupaten Cirebon, Rabu (16/6/2021).

Bupati Cirebon, H Imron, dalam pisah sambut tersebut menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kapolresta Cirebon lama, Kombes Pol M Syahduddi yang selama ini sudah membantu Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Cirebon dalam semua hal.

Menurut Imron, di masa pandemi Covid-19 ini peran pihak kepolisian sangatlah dirasakan oleh semua elemen masyarakat.

“Polresta Cirebon selalu menjadi garda terdepan penanganan Covid-19 bersama unsur TNI dan instansi terkait. Terima kasih atas kerja samanya yang sudah menjaga wilayah Kabupaten Cirebon, semoga Pak Syahduddi di tempat yang baru bisa lebih sukses lagi,” ujar Imron.

Selain aktif menyosialisasikan bahaya Covid-19 di masyarakat, kata Imron, Polresta Cirebon juga selalu menjaga Kamtibmas di wilayah Kabupaten Cirebon. Karena itu, ia berharap kepada Kapolresta Cirebon yang baru agar bisa berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Cirebon. Imron juga mengajak kepada Kapolresta Cirebon yang baru untuk ikut membantu pembangunan di Kabupaten Cirebon.

“Peran Polresta Cirebon sangat dibutuhkan masyarakat Kabupaten Cirebon demi menjaga keamanan serta ketentraman, apalagi dimasa pandemi ini,” tambah Imron.

Sementara itu, Kombes Pol M Syahduddi, juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama Pemkab Cirebon dan Forkopimda selama dirinya menjabat Kapolresta Cirebon. Ia mengaku, banyak kenangan dan momen yang berat ditinggalkan di Kabupaten Cirebon.

“Di Polri, mutasi rotasi hal yang lumrah, karena ini merupakan suatu tugas yang harus dijalankan bagi anggota Polri dan harus siap ditempatkan di mana pun,” kata Syahduddi.

Menurut Syahduddi, ketika dirinya menjadi Kapolresta Cirebon, langsung dihadapkan dengan kondisi pandemi Covid-19. Bahkan, menurutnya, penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Cirebon begitu cepat.

“Saat masuk di Kabupaten Cirebon pada November 2019 kondisi Pandemi masih aman, tetapi pas Bulan Maret 2020 setelah ada waspada Covid-19 banyak pengetatan yang dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Ini merupakan momen yang tidak bisa dilupakan selama bertugas di Kabupaten Cirebon,” kata dia.

Namun demikian, lanjut Syahduddi, berkat kerja sama dengan Pemkab Cirebon dan Forkopimda, penyebaran Covid-19 bisa di kendalikan dengan baik. Ia mengaku sedikit lega karena ketika meninggalkan Kabupaten Cirebon status atau zonanya masih orange, bukan lagi merah.

“Tetapi kita harus tetap waspada, jangan sampai kembali ke merah,” ucapnya.

Di tempat yang sama Kapolresta Cirebon yang baru, Kombes Pol. Arif Budiman, SIK, MH mengatakan, dirinya tidak asing lagi dengan suasana di Kabupaten Cirebon. Pasalnya, ia pernah menjabat menjadi Waka Polresta Cirebon selama enam bulan. Karenanya, ia juga meminta dukungan kepada semua pihak baik dari unsur Polri, TNI dan Pemkab Cirebon serta unsur terkait lainnya untuk ikut bahu membahu dalam upaya pencegahan penularan Covid-19.

BACA JUGA: Anggaran Pemakaman Covid-19 Tersisa Rp45 Juta

Menurit Arif, capaian-capaian yang telah didapatkan Polresta Cirebon tidak luput dari seorang pimpinan. Bahkan, capaian yang diperoleh bukan hanya dari penghargaan tetapi dari capaian pengakuan.

“Sosok Kombes Pol M Syahduddi ini merupakan sosok yang membuat Polresta Cirebon menjadi seperti ini. Karena beliau sosok pemimpin yang memberikan kontribusi secara all out,” terangnya. (Islah)

Comment