by

Anggaran Terkena Refocusing, Penataan Pasar Tematik Buah Kalitanjung Urung Terealisasi

RENCANA Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon menjadikan Pasar Kalitanjung Harjamukti sebagai pasar termatik khusus buah-buahan, rupanya belum dapat realisasi. Batalnya penataan Pasar Kalitanjung menjadi pasar tematik buah-buahan ini karena terkendala anggaran.

Direktur Utama Perumda Pasar Berintan, Sekhurohman mengatakan, wacana revitalisasi  Pasar Kalitanjung Harjamukti sudah mengemuka sejak tahun 2019 lalu. Menurutnya, Perumda Pasar Berintan melalui Pemkot Cirebon sudah mengajukan proposal kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Proposal anggaran ke Pemprov sudah kami ajukan untuk diberikan bantuan pendirian pasar tematik buah di PPH Harjamukti,” kata Sekhurohman, Rabu (23/6/2021).

Rencana tersebut sempat dikabulkan dan sudah akan diplot di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2020, namun hingga saat ini urung dilaksanakan.

BACA JUGA: Basement Alun-alun Kejaksan Terlalu Rendah

Pada saat akan dimulai penataan pasar tematik buah Harjamukti, dikatakan Sekhurohman, segala upaya sudah disiapkan seperti, sosialisasi ke pedagang, pengurus pasar hingga masyarakat setempat.

“Itu mestinya sudah dilakukan pada 2020 tapi anggarannya kena refocusing. Kelanjutannya dari Indag provinsi, saya juga belum tahu seperti apa,” ujarnya.

Sekhur melanjutkan, pihaknya dapat mendapatkan dorong dari Komisi II DPRD Kota Cirebon untuk membereskan pasar-pasar lain dijadikan pasar tematik.

Bahkan, lanjut Sekhur, keinginan Komisi II DPRD Kota Cirebon, dapat mengembangkan pasar tematik baru, sehingga bisa menambah bisa pasar yang dikelola.

Misalnya pasar burung, karena potensi pasar burung ini cukup tinggi, selain menjual aneka jenis burung, juga bisa dijual pakan, kandang, dan kelengkapan asesoris yang berkaitan dengan pehobi burung.

“Untuk oase tematik burung, dari teman-teman komunitas burung kita sudah komunikasi dan sudah dalam wacan. Dari dewan juga sudah memberikan dukungan. Tinggal perencanaannya, misalnya dengan mencari lahan, termasuk kemungkinan mencari investornya,” ujarnya.

BACA JUGA: Penyekatan Jalan di Kecamatan Sumber Berlanjut

Sementara itu, anggota Komisi II DPRD Kota Cirebon, dr Doddy Aryanto mengungkapkan keinginan pihaknya agar PD Pasar Berintan terus memperluas jenis usaha pengelolaan pasar.

“Memang yang utamanya PD Pasar harus bisa mengelola pasar-pasar tradisional di Kota Cirebon dengan baik,” kata Doddy.

Lanjut Doddy, selain pengembangan pasar, pengembangan usaha juga harus ditingkatkan.

“Misalnya dengan menambah pasar tematik, apakah itu pasar buah, pasar burung, pasar elektronik dan sebagainya,” kata Doddy. (Surya)

Comment