by

Pasien Sembuh Covid-19 di Kota Cirebon Meningkat

KOTA CIREBON, SC- Dalam dua hari terakhir, 14-15 Juli, jumlah pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 di Kota Cirebon mengalami peningkatan. Hal itu terpantau di situs resmi Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kota Cirebon (Pikocir), Kamis (15/7/2021).

Berdasarkan data di situs Pikocir, Jumlah pasien sembuh tanggal 14 Juli sebanyak 104 orang, sementara tanggal 15 Juli lebih meningkat dari hari sebelumnya sebanyak 227 pasien sembuh.

Ketua Harian Satuan Tugas Covid-19 yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Agus Mulyadi membenarkan data meningkatnya pasien sembuh dari Covid-19. Menurut Agus, hal itu memberikan harapan besar bagi masyarakat Kota Cirebon.

“Ia benar, sudah dua hari ini ada peningkatan pasien sembuh. Mudah-mudahan ini pertanda baik buat kita semua warga Kota Cirebon,” kata Agus kepada wartawan, Kamis (15/7/2021).

Meski demikian, pihaknya tetap mengimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) dan yang belum vaksin agar segera divaksin.

Menurut Agus, pemerintah sedang gencar-gencarnya melakukan upaya apapun untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di Kota Cirebon, salah satunya melalui pelaksanaan PPKM Darurat.

Namun, Agus mengaku belum dapat memastikan adanya peningkatan pasien sembuh dari Covid-19 tersebut, efek dari pelaksanaan PPKM Darurat selama ini.

“Karena perlu kita kaji secara data. Tapi mudah-mudahan, dari upaya yang sudah dilakukan oleh kami baik di hulu dengan PPKM, baik di hilir dengan perawatan rumah sakit atau isolasi mandiri itu merupakan bagian dari hasil yang kita peroleh,” ujarnya.

Terpisah, saat dihubungi melalui sambungan selulernya, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Tri Mulyaningsih menambahkan, penambahan pasien sembuh dari Covid-19 ini yaitu mereka yang selesai isolasi mandiri dan juga setelah menjalani perawatan di rumah sakit.

“Pasien sembuh ini gabungan dari isolasi mandiri dan di rumah sakit. Mudah-mudahan terus bertambah pasien sembuhnya,” kata Tri.

BACA JUGA: Angka Kelahiran dan Kematian Susul Menyusul

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan yang belum vaksin segera divaksin.

Update terakhir Kamis 15 Juli 2021, menurut data website Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kota Cirebon:  terkonfirmasi total 8.797 penambahan 96, isolasi 1.712 penurunan 138, selesai isolasi 6.750 penambahan 227 dam meninggal 335 penambahan 7. (Surya)

Comment