by

KKN di Desa Kedawung, Mahasiswa IAIN Cirebon Kembangkan Website Desa

CIREBON, SC- Sejumlah mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon tengah melakukan Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN-DR) di Desa Kedawung, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon.

Dalam KKN tersebut, mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebo memiliki program unggulan, yaitu mengembangkan website desa. Inisiatif ini muncul dari aspirasi warga yang ingin mendapatkan akses informasi tentang desa secara mudah dan faktual.

Ketua Kelompok KKN DR Desa Kedawung, Sigit Prayogo menilai website desa punya banyak manfaat. Website bakal memuat informasi desa. Seperti profil desa, data base pegawai, data base warga hingga program dan pelayanan desa.

“Kegiatan tersebut dilakukan untuk mendapatkan website desa dan menjadikan kebermanfaatan nantinya, seperti tema yang dicanangkan sejak awal yaitu mengangkat mengenai aspirasi warganya untuk mendapatkan hak dan informasi penuh tentang desanya itu sendiri,” ujar Sigit, Kamis (22/7/2021).

Abdel Aziz, Anggota KKN DR Desa Kedawung menimpali, dibuatnya website desa diharapkan memudahkan warga mengakses informasi desa, menyampaikan aspirasi atau sekedar memberi saran kepada pemerintah desa pada fitur yang tersedia. Tujuannya untuk mengedukasi warga dan meningkatkan minat baca.

“Website desa sangat ditunggu kehadirannya oleh masyarakat Desa Kedawung. Pasalnya di tengah kondisi keterbatasan mobilisasi sekarang dan era digital sudah berkembang dengan pesatnya. Sudah saatnya untuk mengembangkan potensi warga dengan mengaktifkan seluruh kegiatan yang ada di desa dan menguploadnya di website,” ujar dia. (Arif)

Comment