by

Demi BLT Warga Abaikan Prokes

KOTA CIREBON, SC– Ratusan warga RW 08 Kelurahan Karyamulya, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon sangat antusias untuk mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) tahap 5 dan 6 yang bertempat di Gedung Baperkam RW 08 Majasem, Kelurahan Karyamulya, Selasa (27/7/2021).

Mereka rela antre hingga menimbulkan kerumunan dan mengabaikan protokol kesehatan (prokes) Covid-19. Padahal Kota Cirebon masuk dalam daftar daerah dengan kategori Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4.

Beruntung, tim satuan tugas Covid-19 dibantu unsur kepolisian dan TNI segera tiba di lokasi, sehingga langsung mengawal pembagian BLT agar tidak lagi terjadi antrean tanpa penerapan prokes.

Sekretaris Kelurahan Karyamulya, Mahmuddin mengakui, ratusan warganya rela berdesakan demi mendapatkan BLT tanpa menghiraukan prokes yakni menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Mahmuddin mengungkapkan, memang sebelumnya para petugas sedang fokus di pembagian bansos di kelurahan yang lain. Sedangkan di tempat pembagian BLT, pengamanan dari petugas RW setempat kurang maksimal.

Terpantau, petugas gabungan dari unsur TNI-Polri yang datang langsung menertibkan warga dengan cara membagikan kartu antrean serta dipasang pembatas. Dengan cara itu, warga yang mendapat nomor antrean cukup lama bisa kembali ke rumah terlebih dulu.

“Jadi kalau pengamanan dari warga setempat tidak dihiraukan, karena mereka berebut ingin mendapatkan antrean. Namanya juga masyarakat, susah banyak yang ingin mendapatkan dana itu terlebih dulu, sehingga terjadi desa-desakan dan tidak mau mengantre, ” kata Mahmuddin.

Ia bersyukur aparat segera datang ke lokasi pembagian sehingga warga dapat ditertibkan.

“Tapi setelah ada tim dari unsur petugas TNI dan Polri semua bisa terkendali, alhamdulillah sekarang kondusif tidak berjubel lagi,” imbuhnya.

Menurutnya, pelaksanaan pembagian bansos BLT di Kelurahan Karyamulya terbagi menjadi tiga titik. Pertama di RW 17 Mulya Sejahtera untuk lima RW, kemudian RW 08 Majasem lima RW.

“Yang terakhir besok (hari ini, red) di RW 15 Nuansa Majasem, sama diperuntukkan lima RW juga. Jadi di Kelurahan Karyamulya semua 15 RW di bagi menjadi tiga titik, 5-5,” jelas Mahmuddin.

BACA JUGA: PPKM Level 4 Kota Cirebon, Warteg Boleh Makan di Tempat, Kafe Tetap Take Away

Ia menyebutkan, jumlah penerima bantuan sekira 1.032 penerima berdasarkan dari data PT. Pos Indonesia.

“Dan sekarang pengambilan untuk dua kali tahap 5 dan 6, penerima mendapatkan bantuan BLT sebesar Rp600 ribu tanpa potongan sepeserpun,” pungkasnya. (Surya)

Comment