by

Sebanyak 333 KPM Waled Kota tidak Terima BST

KABUPATEN CIREBON, SC- Sebanyak 333 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Waled Kota, Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon, tidak terdata di penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) untuk penyaluran bulan Mei dan Juni. Hal itu diketahui berdasarkan data yang diterima saat penyaluran yang dilakukan di kantor desa setempat, Rabu (28/7/2021).

Kuwu Waled  Kota, H Taryono mengatakan, dibandingkan pada penyaluran sebelumnya, total masyarakat yang mendapatkan BST-Kemensos sebanyak 443 KPM. Namun di penyaluran saat ini, berdasarkan data yang diterimanya berjumlah 110 KPM.

“Jadi ada penurunan jumlah KPM dari BST-Kemensos yang sangat drastis,” ujarnya.

Dengan adanya penurunan jumlah penerima BST ini, diakuinya, bukan menjadi kewenangan pihak  desa, namun kewenangan dari pusat. Sejauh ini pihaknya hanya menindaklanjuti data yang diterima Pemdes.

“Mekanisme penyaluran pun dilakukan langsung oleh petugas PT. Pos Indonesia, dengan turun langsung ke desa,” katanya.

Dengan masih diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3, dalam pelaksanaannya pihanya harus menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Pastinya penurunan penerima ini banyak masyarakat yang merasa kecewa, terlebih di tahap sebelumnya mendapatkan,” ucapnya.

BACA JUGA: Demi BLT Warga Abaikan Prokes

Pihaknya berharap, masyarakat penerima BST Kemensos dapat membelanjakan sesuai kebutuhan hidup sehari-hari.

“Masyarakat harus lebih bijak karena saat ini masih pandemi Covid-19. Lebih dari itu, semoga dapat meringankan beban ekonomi keluarga dan dapat meningkatkan daya beli masyarakat,” pungkasnya. (Baim)

Comment