by

Wawancara Calon Direksi PDAM Disarankan Terbuka

KABUPATEN CIREBON, SC- Sosok Direksi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Jati Kabupaten Cirebon terpilih hasil seleksi belum juga diumumkan. Direktur Utama Perumda Tirta Jati, Suharyadi, mengatakan, pengumuman direksi hasil seleksi akan dilakukankan oleh panitia seleksi (pansel). Perumda Tirta Jati (PDAM), menurut dia, hanya sebagai pihak penerima hasil seleksi. Hal tersebut, menurut Suharyadi, sesuai dengan Permendagri Nomor 37 Tahun 2018 yang menyebutkan Perumda sebagai pengguna definitif hasil seleksi.

“Dan proses itu ada di Pansel,” ujar Suharyadi, Rabu (28/7/2021).

Ia menjelaskan, tahapan seleksi jabatan direksi perumda saat ini sudah selesai. Kemudian pansel tinggal menyampaikan pengumuman hasilnya. Setelah pengumuman barulah masuk tahapan wawancara.

Sementara itu, salah satu peserta seleksi yang namanya enggan dikorankan menyampaikan, sampai saat ini dirinya masih menunggu informasi terakhir dari Pemkab Cirebon dan Perumda terkait tahapan akhir yang harus ditempuh. Ia mengaku, proses wawancaranya belum dilakukan.

“Kita masih menunggu informasi lebih lanjut, sampai saat ini belum ke tahap wawancara,” paparnya.

Menurutnya, proses wawancara harus dilakukan secara terbuka dan diketahui masyarakat. Hal itu, guna menghindari syak wasangka negatif terkait pengisian kekosongan jabatan direksi tersebut.

“Idealnya proses wawancara harus disiarkan ke publik, dibuka secara umum agar mereka yang terpilih adalah orang-orang terbaik yang punya kemampuan,” jelasnya.

Terpisah, Bupati Cirebon, H Imron saat dikonfirmasi perihal belum adanya tahap wawancara, tidak menampik hal tersebut. Namun, kata Imron, tahap wawancara tersebut bukan dilakukan oleh dirinya. Melainkan akan melibatkan pihak yang berkompeten, khususnya dalam pengelolaan Perumda Tirta Jati.

“Iya belum (wawancara, red), nanti yang mewawancarai itu harus ahlinya,” kata Imron, Rabu (28/7/2021).

Diberitakan sebelumnya, nasib kandidat Direksi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Jati Kabupaten Cirebon hingga kini masih menggantung. Pasalnya, meski Bupati Cirebon, H Imron telah memilih tiga dari sembilan nama calon Direksi Perumda Tirta Jati tersebut, namun hingga kini nama-nama mereka belum juga diumumkan ke publik.

Saat dikonfirmasi, Bupati Imron membenarkan dirinya sudah memilih beberapa nama Direksi Perumda Tirta Jati dari hasil seleksi yang dilakukan oleh Pansel belum lama ini.

“Sudah (saya sudah, red) memilih tiga nama. Katanya sih tinggal pengumumannya saja,” ujar Imron, kepada Suara Cirebon, Selasa (27/7/2021).

BACA JUGA: Tiga Direksi Perumda Tirta Jati Terpilih Masih Misteri

Namun, Imron belum bisa memastikan waktu pelaksanaan pengumuman tiga direksi terpilih tersebut. Hal itu, lantaran pengumumannya akan dilaksanakan oleh manajemen Perumda Tirta Jati.

Ia menegaskan, pengumuman tersebut bukan tugas dirinya selaku pemimpin pemerintahan daerah yang menjadi representasi Pemda Kabupaten Cirebon.

“Kalau pengumuman kan (tugas, red) PDAM (Perumda, red). Tapi saya tidak tahu ada tidak anggarannya, karena kan harus diumumkan di koran,” ujar Imron. (Islah)

Comment