by

PPKM Melonggar Pemantauan Tetap Dilakukan

KOTA CIREBON, SC- Di wilayah III Cirebon yang melingkupi Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kabupaten Kuningan, hanya Kota Cirebon yang berstatus PPKM Level 4, sementara wilayah lainnya masuk pada kategori PPKM Level 3 pada perpanjangan PPKM Level 4 yang telah diputuskan pemerintah pusat hingga 2 Agustus mendatang.

Berbeda dengan pelaksanaan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, pada PPKM Level 4 ini, toko nonesensial diperbolehkan beroperasi dengan ketentuan harus memperhatikan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Selain itu makan di warung nasi seperti warget dan sejenis di luar mal, juga diperbolehkan makan di tempat dengan batasan waktu setiap pembeli hanya 20 menit saja yang sebelumnya menggunakan sistem take away.

Kepala Bidang Penegakan Peraturan Daerah (Gakda) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cirebon, Toto Suharto menegaskan, meski sudah ada kelonggaran, pemantauan di lapangan tetap dilaksanakan.

“Kita tetap melaksanakan pemantauan di lapangan, setiap jam 20.00 malam kita mengimbau para pelaku usaha yang kebanyakan para pedagang kaki lima tutup,” kata Toto kepada wartawan, Kamis (29/7/2021).

Toto menuturkan, saat melakukan pemantauan petugas Satpol PP Kota Cirebon disebar di lima kecamatan untuk mengimbau kepada seluruh PKL meski sudah ada kelonggaran jam operasional tetap dibatasi sampai pukul 20.00 WIB.

“Edukasi dan sosialisasi kepada para PKL dan masyarakat masih kami lakukan secara intens. Karena PPKM Level 4 kali ini hampir semuanya beroperasi, jadi tugas kami harus intens,” katanya.

Diakui Toto, selama PPKM Level 4, pihaknya belum melakukan penindakan yang lebih tegas. Sebab, hampir seluruh pelaku usaha sudah memahami kondisi dan situasi PPKM Level 4 tersebut.

BACA JUGA: Azis: Tempat Isoman Jangan Munculkan Persoalan Baru

Namun, diakuinya, masih banyak PKL yang membandel, meski tidak sedikit juga yang sudah disiplin.

“Kebanyakan PKL yang masih membandel. Harusnya sudah tutup masih berjualan. Karena memang mereka buka saat sore hari,” ujar Toto. (Surya)

Comment