by

UHAMKA Dorong Pengembangan Ekowisata

MAJALENGKA, SC- Tim Pengabdian kepada masyarakat, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (UHAMKA) melakukan sosialisasi aplikasi Tos-Mobile dan Bakti Mobile. Aplikasi ini diharapkan bisa mendukung pengembangan ekowisata dan cagar budaya. Kali ini sosialisasi diberikan pada  masyarakat Desa Sidamukti, Kecamatan/ Kabupaten Majalengka secara daring melalui aplikasi platform Zoom Meeting, Jumat (30/7/2021) 

Kegiatan dilakukan dalam rangka kegiatan Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) 2021. Dosen Pendamping kegiatan Kemah Budaya Kaum Muda, Mubarok Ahmad mengucapkan terimakasih kepada Desa Sidamukti yang telah menjadi mitra dengan UHAMKA dalam pengembangan kemitraan situs budaya dan ekowisata di Desa Sidamukti.

Wakil Rektor III UHAMKA Lelly Qodariah yang membuka membuka kegiatan tersebut menyatakan kesiapanya untuk bersama-sama membangun dan mengembangkan keunggulan di Desa Sidamukti, terutama ekowisata serta wisata budaya.

“Kita harus saling bekerja sama untuk saling membangun keunggulan di Desa Sidamukti. Kita sama-sama saling bergerak dan melakukan pergerakaan sehingga tujuan dari pengabdian masyarakat ini bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Sosialisasi aplikasi di Desa Sidamukti  lanjutnya,dilakukan oleh mahasiswa UHAMKA kepada masyarakat  tentang penggunaan aplikasi Tos-Mobile dan Bakti Mobile yang di rancang untuk memajukan keunggulan yang terdapat di Desa Sidamukti melalui penggunaan teknologi.

Kepala Desa Sidamukti Karwan, mengaku senang dengan kegiatan tersebut. Dia mengatakan,kegiatan ini akan memberikan dampak baik dalam meningkatkan pariwisata yang ada di Desa Sidamukti.

 “Kegitaan ini sangat bermanfaat sekali,saya sangat berterima kasih kepada mahasiswa UHAMKA yang telah memberikan inovasi dalam mengembangkan objek-objek wisata Desa Sidamukti melalui aplikasi untuk memperkenalkan 7 objek wisata yang terdapat di Desa Sidamukti,” ucapnya.

Salah satu mahasiswa anggota PKM, Ghefira menjelaskan,bahwa  aplikasi TOS MOBILE (The Culture of Sidamukti)  merupakan aplikasi yang berisi tentang konten konten cagar budaya dan sanggar seni.  Aplikasi ini juga memiliki fitur maps yang merujuk kepada tempat cagar budaya di Sidamukti. Pembutan aplikasi ini bertujuan untuk mengembangkan informasi tentang budaya di Sidamukti.

BACA JUGA: Masyarakat Diminta Waspadai Angin Kumbang

Aplikasi Bakti mobile (Nyabakeun Sidamukti- mobile) lanjutnya merupakan aplikasi android yang berisi tentang info tempat wisata di Desa Sidamukti dan sekitarnya, aplikasi ini memiliki fitur maps yang merujuk pada tempat wisata,serta dapat berfungsi sebagai tour guide. “Aplikasi tersebut akan mengalami perubahan yang berkelanjutan seiring berjalannya waktu,” jelasnya.

Sosialisasi juga diikuti Kepala Seksi Kebudayaan, Disparbud Majalengka, Toni Yoga, pimpinan Sanggar Seni Anggit,dan Ketua Karang Taruna serta Lembaga Adat Desa, Kang Iwa. (Dins)

Comment