by

Buka PBAK IAIN Cirebon, Direjen Pendis: PTKI adalah Masa Depan Indonesia

CIREBON, SC- Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama, Prof Dr H Muh Ali Ramdhani MT membuka Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Tahun 2021 IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang dilaksanakan secara virtual.

 Dalam sambutannya Ali menyampaikan, selama dua tahun terakhir ini, karena pandemi covid 19 yang masih mendera bangsa indonesia dan juga umat manusia dipelbagai belahan dunia.

“Kita dipertemukan secara virtual termasuk dalam momentum Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK),” ujarnya.

Dalam pertemuan ini, Dirjen Pendidikan Islam juga menyampaikan selamat kepada mahasiswa-mahasiswa baru yang telah lolos seleksi dari ribuan calon mahasiswa yang antri daftar di PTKI dan diterima di pilihan jurusannya masing-masing.

“Pilihan anda sudah sangat tepat menjadi bagian dari kampus kebanggaan Indonesia, karena PTKI adalah masa depan Indonesia dan Indonesia masa depan” terangnya  dihadapan seluruh peserta kegiatan PBAK Virtual ini.

Diakhir sambutannya beliau menyampaikan sebagai manusia yang hidup di abad ini, kita sedang memasuki sebuah era yang disebut dengan era revolusi industri 4.0, sebuah era yang ditandai dengan kemajuan teknologi informasi yang sangat pesat dengan ciri yang menonjol kehidupan yang memerlukan dukungan teknologi dan kita harus bersahabat dengan teknologi, mahasiswa harus bisa beradaptasi terutama dengan kemungkinan mesin menggantikan pekerjaan lulusan perguruan tinggi, mahasiswa harus dididik dengan pengetahuan dan keterampilan yang belum bisa dilakukan oleh mesin, kecerdasan buatan/artificial intelligences, Rabu (18/8/2021).

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. H. Ilman Nafi’a, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan pembukaan acara pengenalan budaya akademik dan kemahasiswaan (PBAK) IAIN Syekh Nurjati Cirebon tahun akademik 2021/2022 diikuti oleh 3100 mahasiswa dan dilaksanakan dengan metode online sesuai dengan petunjuk teknis dari Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam dan Kasubdit Sarana, Prasarana, dan Kemahasiswaan Kementerian Agama.

Dengan tema PBAK “Generasi Unggul Intelektual, Emosional, dan Spiritual dengan Kompetensi Digital”, kegiatan PBAK virtual dapat terlaksana karena bantuan dan dukungan dari panitia dan tim teknis.

Rektor IAIN Syekh Nurjati, Dr. H. Sumanta, M.Agmemberikan sambutan, sekaligus membuka kegiatan PBAK IAIN Syekh Nurjati Tahun 2021 disertai dengan pemukulan gong, dalam sambutannnya Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon menyampaikan 2 hal.

Pertama, ucapan tahniah ucapan selamat datang kepada mahasiswa baru, saat inilah kita memasuki pintu gerbang untuk mengasah kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual.

“Di lembaga ini kita akan bergabung, kita akan menjadi keluarga besar, yang satu dengan yang lainnya saling bersinergi untuk memajukan lembaga dan untuk membesarkan diri kita masing-masing,” ujarnya.

Kedua, ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada mahasiswa baru yang telah memilih IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk menjadi kawah candradimuka, penggemblengan diri, pendewasaan menjadi pribadi-pribadi yang berakhlakul karimah. (Arif)

Comment