by

Gandeng PMI Kabupaten Cirebon, Dharma Wanita IAIN Cirebon Gelar Donor Plasma

CIREBON, SC- Dharma Wanita IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar donor darah plasma menggandeng PMI Kabupaten Cirebon. Hal itu dilakukan mengingat kebutuhan plasma darah penyintas Covid-19 masih tinggi.

Ketua Pelaksana Donor Plasma Dharma Wanita IAIN Cirebon, Eha Julaeha mengatakan, kegiatan sosial ini akan terus dilakukan sepanjang plasma masih dibutuhkan. Pendonor pun bisa langsung menghubungi pihak Dharma Wanita.

“Tapi kalau pendonornya hanya satu-satu itu kita antar untuk dilakukan pengambilan sampel di PMI Kabupaten Cirebon,” ujarnya, Rabu (18/8/2021).

Eha menjelaskan, sudah ada 5 sampai 10 pendonor dari kalangan mahasiswa, staf dan dosen di lingkungan IAIN Cirebon. Pengambilan sampel di lakukan di Klinik IAIN Cirebon dengan melibatkan tenaga kesehatan dari PMI Kabupaten Cirebon.

Menurut Eha, saat ini kebutuhan plasma masih tinggi. Hal itu guna mendukung percepatan penanggulangan Covid-19 di wilayah Cirebon. Dengan begitu, pihaknya membuka diri kepada siapa saja penyintas Covid-19 yang ingin donor.

Kriteria calon pendonor memiliki berat badan minimal 55 Kg. Serta menunjukan surat keterangan pernah terjangkit Covid-19 dan telah dinyatakan sembuh. Selanjutnya, calon pendonor bakal diskrining terlebih dahulu dengan pengecekan, berat badan, tensi dan hemoglobin.

“Yang pengen donor bisa melampirkan surat Covid-19. Bisa langsung menghubungi Dharma Wanita. Pendonor bisa berasal dari lingkungan kampus dan masyarakat umum,” ujar Eha.

Hingga Rabu (18/8) kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon mencapai 521 orang. Terdiri dari 106 orang isolasi di rumah sakit dan 415 orang isolamsi mandiri. 853 orang meninggal dunia dan 22.499 orang dinyatakan sembuh dari Covid-19. (Arif)

Comment