by

Saat Merah Putih Berkibar di Tangah Jalan Raya

ADA pemandangan berbeda di Perempatan Pasar Sumber, Kabupaten Cirebon pada peringatan HUT ke 76 RI, Selasa (17/8/2021) kemarin. Jajaran Satlantas Polresta Cirebon mengibarkan bendera merah putih di jalan raya tepat menjelang detik-detik Proklamasi. Sejumlah petugas dengan sigap menghentikan semua aktivitas kendaraan untuk mengajak masyarakat dan pengendara memberi penghormatan kepada Sang Merah Putih.

Kasat Lantas Polresta Cirebon, Kompol M Alan Haikel, mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan bersamaan dengan Upacara Peringatan ke-76 Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Negara yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo.

Menurut Alan, kegiatan tersebut dilakukan untuk mengajak masyarakat memperingati Hari Kemerdekaan RI. Pasalnya, sebagian masyarakat memang tidak dapat melaksanakannya karena harus beraktivitas.

“Kami mengajak masyarakat pengguna jalan memperingati momen kemerdekaan ini. Kami ajak mereka berhenti sejenak dan memberikan penghormatan kepada bendera merah putih,” kata Alan.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme. Selain itu, untuk mengajak masyarakat mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam membela NKRI. Pada pelaksanaannya, para polwan Satlantas Polresta Cirebon berdiri di tiap lampu merah sambil mengibarkan bendera merah putih bersama pelajar, santri dan mahasiswa di tengah-tengah jalan raya.

Sedangkan sejumlah petugas lainnya meminta para pengendara berhenti sejenak dan mematikan mesin kendaraannya. Selanjutnya mereka diminta turun dan berdiri di samping kendaraannya masing-masing. Kasat lantas kemudian mengambil alih komando dan memimpin penghormatan kepada bendera merah putih. Seluruh petugas dan pengguna jalan pun langsung melakukan penghormatan sambil diiringi lagu Indonesia Raya.

BACA JUGA: Ganjil Genap Masih Membingungkan

Bahkan, sejumlah warga sekitar yang kebetulan melintas juga turut berhenti dan melakukan sikap hormat. Tak hanya itu, para tukang becak, tukang ojek, juru parkir, dan lainnya juga turut berpartisipasi. Mereka seolah tidak mau ketinggalan dalam kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah, masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan ini dari awal hingga selesai. Semoga ini bisa menginspirasi pihak lain sehingga semangat kemerdekaan dirasakan seluruh elemen masyarakat,” tandasnya. (Islah)

Comment