by

Kejar Herd Imunmity pada Akhir Tahun

PEMERINTAH Kota Cirebon giat mengejar target vaksinasi Covid-19. Vaksinasi bahkan digelar setiap hari, baik di 22 puskesmas di Kota Cirebon atau yang digelar sejumlah komunitas. Melalui pencapaian vaksinasi menyeluruh, ditargetkan kekebalan kelompok (herd immunity) di Kota Cirebon tercapai pada akhir tahun ini. Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Cirebon, Hj Eti Herawati dalam sambutannya, saat meninjau vaksinasi Covid-19 di STIKES Muhammadiyah dan bakti sosial (baksos) di RW 04 Kalitanjung, Kota Cirebon, Rabu (18/8/2021).

“Kami targetkan kekebalan kelompok terbentuk akhir tahun ini, vaksinasi terus kami gencar. Dilaksanakan setiap hari, termasuk yang digelar hari ini (Kemarin, red) oleh Muhammadiyah,” kata Eti.

Di Jawa Barat, menurut Eti, Kota Cirebon merupakan salah daerah yang kencang dalam melakukan vaksinasi Covid-19 kepada seluruh kalangan masyarakat dari remaja hingga lansia.

“Vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon termasuk cepat di Jabar. Bahkan nomor dua berkejar-kejaran dengan Kota Bandung,” ungkap Eti.

Semua vaksinasi Covid-19 yang dilakukan, menurut Eti, untuk mencapai  target terciptanya herd immunity akhir tahun ini di Kota Cirebon. Karenanya Eti yakin target herd immunity di Kota Cirebon bisa tercapai akhir tahun ini.

“Untuk ketersediaan vaksin, kalau kurang kita segera komunikasikan ke pemerintah pusat,” tegas Eti.

Pada kesempatan itu, Eti juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu Pemkot Cirebon untuk percepatan vaksinasi Covid-19.

Pemkot Cirebon tidak bisa sendiri, termasuk kepada TNI dan Polri yang telah banyak membantu Pemkot Cirebon baik dalam percepatan vaksin Covid-19 maupun aksi sosial yang mereka lakukan,” kata Eti.

BACA JUGA: Nakes RSD Gunung Jati Keluhkan Insentif

Sementara itu Kapolres Cirebon Kota, AKBP Imron Ermawan menjelaskan target vaksinasi Covid-19 yang digelar di STIKES Muhammadiyah sebanyak 500.

“Untuk persediaan vaksin, kami akan minta lagi ke pemerintah pusat,” ungkap Imron.

Sedangkan untuk baksos, Polres Cirebon Kota menyiapkan hingga 150 paket sembako yang akan dibagikan kepada warga yang memang membutuhkan, yaitu warga yang terdampak pandemi Covid-19. (Surya)

Comment