by

Puskesmas Kalimaro Maksimalkan Vaksinasi

KABUPATEN CIREBON, SC- Dalam memenuhi target vaksinasi kepada masyarakat umum, Puskesmas Kalimaro, Kabupaten Cirebon, terus berupaya memaksimalkan pelayanan vaksinasi, selain road show ke lima desa yang merupakan wilayah kerjanya, juga memberikan pelayanan di Puskesmas setempat.

Hal tersebut diutarakan Kepala Puskesmas Kalimaro, Witono, S.Kep.Ners, menindaklanjuti hasil road show yang memang targetnya belum tercapai jadi pihaknya membuka kesempatan untuk masyarakatnya selebar-lebarnya untuk dapat menerima vaksinasi di tempat pelayanan Puskesmas Kalimaro.

Menurutnya pihaknya  tidak membatasi  masyarakat dari desa sekitar maupun dari luar wilayah kerjanya, terpenting mereka mendatangi beberapa pun masyarakat yang datang ketika ingin mendapatkan Vaskinasi dosis pertama maupun dosis kedua kita layani. 

“Yang penting mereka datang ke tempat pelayanan dan belum terdaftar ke tempat yang lain, intinya walaupun dosis pertama kita tetap layani kalau dosis kedua tetap kita layani,” ujarnya kepada Suara Cirebon, Kamis lalu.

Lanjutnya ini pihaknya lakukan mengingat hasil dari roadshow belum sesuai target, sehingga setelah berkoordinasi dengan tim kesehatan disepakati untuk pembukaan vaksinasi di Puskesmas, dan kita jadwalkan seminggu dua kali, yakni pada hari Senin dan Kamis.

“Artinya siapa pun yang datang dengan membawa fotokopi KTP kalau bisa warga setempat kita walaupun ada warga diluar wilayah kerjanya tetap akan kita layani, nantikan ada mekanismenya,” tandasnya.

Dikatannya pula, ini untuk memenuhi target Puskesmas Kalimaro, karena cakupan yang kemarin saat awal awal road show itu kan masih jauh dari target. Namun seiring waktu dan intensnya sosialisasi yang dilakukan oleh tim kesehatan maupun Pemerintah Desa Setempat, baik melalui Woro- woro maupun media sosial, yang pada akhirnya masyarakat tumbuh kesadaran untuk tidak takut mendapatkan vaksinasi.

“Alhamdulillah antusias dari warga setempat khususnya lima desa di wilayah kerjanya  itu sangat signifikan, salah satu faktornya selain penyuluhan tadi, mungkin dari beberapa persyaratan persyaratan yang dibutuhkan masyarakat sendiri,” katanya. 

BACA JUGA: Optimistis Jadi Bangsa Tangguh

Selain itu pihaknya tetap semaksimal mungkin untuk memenuhi target vaksinasi dan terus berkoordinasi dengan Pemdes, untuk meningkatkan vaksinasi di wilayah kerja puskesmas.

“Kalau target per hari kita kemarin 100 tapi berhubung kita banyak yang datang jadi kita tambah lagi, jadi target 200 vaksin, kalau hasil kita tidak tahu terpenting kita sudah memberikan kesempatan kepada masyarakat,” tandasnya.(Baim)

Comment