by

Sambut Tahun Akademik Baru, Jurusan BSA IAIN Cirebon Selenggarakan Kuliah Terbuka Gandeng Universiti Sultan Zainal Abidin Malaysia

CIREBON, SC- Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) IAIN Syekh Nurjati Cirebon menyelenggarakan kegiatan kuliah terbuka melalui Zoom Meeting. Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka menyambut tahun akademik baru 2021-2022.

Kegiatan dengan Topik Kuliah Umum ‘Belajar Bahasa Arab di Bumi Melayu’ ini, menghadirkan Prof Madya Dr Elsayed Mohamed Salem Al-Awadi, dosen Universiti Sultan Zainal Abidin, Terengganu, Malaysia, Sabtu (28/8/2021), dengan Opening Speech Dr Hajam  M.Ag, Dekan Fakultas UAD, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. 

Kepada fokuscirebon.com, Dr Hajam menjelaskan, kegiatan tersebut untuk menjalin kerja sama antara Jurusan BSA Fakultas Uhuludin, Adab dan Dakwah IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan Universitas luar negeri, tentu dengan pertukaran dosen dan mahasiswa, yakni untuk penguatan bahasa dan sastra arab.

“Ya, kali ini dengan Universitas Sultan Zaenal Abidin, Terengganu, Malaysia dengan Nara Sumbernya Prof.Madya Dr.Elsayed Muhammed Salem Al-Awadi. Kerja sama ini bertujuan untuk sharing materi dan metodologi kebahasaan dan kesastraan Arab dan Melayu,” terang Hajam.  

Menurut Hajam, metodologi kebahasaan dan kesastraan bahasa arab dan melayu yang di sharring adalah cara dan model pembelajaran bahasa arab yang efektif untuk penguasaan gramatika, percakapan/dialog, satra banding, kritik sastra, filsafat bahasa.

“Harapanya, dengan pertukaran dosen dan mahasiswa ini untuk persiapan kurikulum kampus merdeka dan merdeka belajar,” tandasnya. (Arif)

Comment