by

Kadisdik Jabar Janji akan Kawal Pendidikan Si Kembar Dewi dan Putri

DIDORONG rasa penasaran setelah melihat tayangan video anak kembar siam Al Dewi Putri Ningsih (8) dan Al Putri Anugrah (8) yang akrab disapa Dewi dan Putri, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat Dedi Supandi ingin menemui langsung kedua anak asal daerah Wanaraja, Kabupaten Garut tersebut. Bahkan, setelah berhasil menemui mereka di tengah kesibukannya, Kadisdik juga berempati untuk mengawal kelanjutan pendidikan Dewi dan Putri.

Pada Senin (30/08/2021) Kadisdik Dedi bisa bertemu dengan Dewi dan Putri di salah satu rumah makan di Kota Bandung. Dalam perbincangan dengan mereka, Kadisdik pun menyatakan akan membantu  murid Sekolah Dasar (SD) tersebut terkait dalam pendidikan. 

“Saya sudah kontak ke MKKS, mudah-mudahan ada umurn dan rejeki. Akan kita terus dampingi siapa pun kadis-nya nanti, saya titipkan mereka harus masuk sekolah negeri dan penuhi apa yang mereka inginkan,” kata Kadisdik.

Kadisdik Dedi menemui si kembar siam tersebut setelah keduanya melakukan pengukuran kursi roda di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Menurutnya, wartawan punya inisiatif melakukan pengukuran kursi roda. Putri dan Dewi diukur berapa kapasitas terkait kursi roda. Karena kursi roda mereka untuk melanjutkan aktivitas sehingga perlu didesain khusus agar mereka merasa nyaman.

“Paling tidak ada tiga barang yang diperlukan oleh anak kembar tersebut yaitu kursi roda, tongkat untuk berjalan dan meja belajar khusus. Semoga kita semua bisa, saya juga sudah mencoba menghubungi KCD Garut untuk melakukan pendampingan,” terang Kadisdik Jabar.

Kadisdik Dedi melihat si Kembar Dewi dan Putri merupakan gadis yang periang yang cukup cerdas dan memiliki daya ingat tajam. Di antaranya dengan menguji mereka supaya membaca selawat, mereka pun langsung melantunkannya dengan penuh percaya diri.

Meskipun Dewi dan Putri memiliki keterbatasan, namun, tak mengurangi nyali mereka untuk menambah wawasan. Mereka memiliki daya ingat kuat serta rajin menghafal ayat-ayat Alquran. Hal ini terlihat, setelah keduanya makan siang, saat itu Kadisdik Jabar menghubungkan anak kembar kepada Gubernur Jabar, Ridwan Kamil via video call.

Gubernur Jabar yang akrab disapa Kang Emil itu pun terlibat obrolan dengan Dewi dan Putri. Bahkan, Kang Emil sempat mengajukan beberapa pertanyaan yang bisa dijawab lancar oleh mereka, termasuk saat melantunkan Surat An-Naba.

Ketika Kang Emil mengajukan pertanyaan kepada Dewi dan Putri kalau sudah besar nanti mau menjadi apa, mereka pun menjawab dengan lancar. “Aku mau jadi artis sinetron, Ikatan Cinta,” jawab Dewi. Sementara Putri menjawab “Kalau aku mau jadi Ilmuwan, science,” katanya.

Ayah Dewi dan Putri, Iwan Kurniawan mengungkapkan kedatangannya ke Bandung untuk mengukur ulang kursi roda yang digunakan oleh si kembar. Sejak tahun 2017 lalu Dewi dan Putri telah menggunakan kursi roda untuk aktivitas mereka.

“Kursi roda mereka sekarang sudah kekecilan, Anak-anak juga bilang kalau kursi roda yang mereka gunakan sudah tidak nyaman. Lagi pula kursi roda buat mereka harus didesain secara khusus,” tutur Iwan kepada wartawan. (Mama Ilik)

Comment