by

Pemdes Sukadana Buka Loker Perangkat Desa

KABUPATEN CIREBON, SC- Pemerintahan Desa (Pemdes) Sukadana, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Cirebon, membuka lowongan kerja (Loker) untuk putra-putri terbaik Desa Sukadana menjadi perangkat desa dengan persyaratan utama asli penduduk desa setempat dan mampu menguasai Informasi Teknologi (IT), dikarenakan adanya kekosongan perangkat desa. 

Kuwu Sukadana, Firmansyah, mengungkapkan, kesempatan yang dibuka tersebut adalah untuk memenuhi kekosongan 2 perangkat desanya. Pihaknya telah melakukan musyawarah dengan BPD, yang pada akhirnya membentuk panitia penjaringan dan penyaringan calon perangkat desa dan langsung melaksanakan tahapan-tahapan dalam pelaksanaannya.

Kesempatan tersebut, lanjut dia, dibuka secara umum dengan menyebarkan brosur lowongan kerja menjadi perangkat Desa Sukadana yang ditebar di lingkungan desanya.

“Untuk pendaftaran dibuka selama empat hari sejak Senin  hingga Kamis, hari ini adalah hari terahir pendaftaran,” ungkapnya kepada Suara Cirebon, Kamis (09/09/2021) lalu.

Dijelaskan Firman, tahapan selanjutnya adalah seleksi administrasi yang akan digelar Jumat (10/9/2021) dan dilanjutkan dengan seleksi tertulis hari Sabtu (11/9/2021),  kemudian terakhir tes wawancara yang akan digelar Minggu (12/9/2021).

Dari hasil seleksi tersebut kemudian nanti akan dimusyawarahkan bersama BPD untuk memutuskan siapa-siapa yang yang memiliki kompetensi untuk menduduki jabatan kekosongan dua perangkat desaa, setelah muncul dua nama yang layak kemudian pihaknya akan mengajukan rekomendasi kepada camat Pabuaran.

“Dan seluruh pendaftar yang masuk yang lolos seleksi akan terpilih dua nama yang akan menduduki perangkat desa Sukadana selanjutnyanya akan kami ajukan permohonan rekomendasi ke kecamatan yang jika sudah turun akan segera kita lakukan pelantikan,” terangnya.

Lebih lanjut, Firman juga mengungkapkan, untuk persyaratan sendiri pihaknya menyebutkan sesuai dengan yang  termasuk dalam Perbup yang mengatur syarat-syarat menjadi perangkat desa. Namun, untuk calon perangkat desa yang akan direkrut oleh Pemdes Sukadana ada tambahan yakni calon perangkat desa tersebut mampu menguasai IT.

BACA JUGA: Pemdes Gebang Kulon Rutin Gelar Donor Darah

Hal itu, menurut Kuwu Firman, mengingat sistem administrasi dan pelayanan desa saat ini sudah berbasis IT serta mereka adalah benar-benar warga desa Sukadana yang disertai dengan surat pernyataan domisili untuk memastikan bahwa calon perangkat desa ini benar-benar warganya.

“Berharap dengan pola rekrutmen perangkat desa yang kita lakukan akan mendapatkan calon perangkat desa yang terbaik,” harapnya. (Baim)

Comment