by

Pemdes Gebang Kulon Rutin Gelar Donor Darah

KABUPATEN CIREBON, SC- Pemerintahan Desa (Pemdes) Gebang Kulon, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, menggelar aksi donor darah bertempat di kantor desa setempat, Kamis (26/8/2021).

Kuwu Gebang Kulon Andi Subandi, mengatakan kegiatan  donor darah tersebut, rurin dilakukan. Menurutnya kegiatan itu sebagai bentuk peduli kemanusiaan. Pada pelaksanaannya pihaknya  menggandeng PMI Kabupaten Cirebon.

“Kami lakukan donor darah rutin sebagai bentuk kepedulian akan kemanusiaan, sekaligus kepedulian akan ketersediaan stok labu darah di PMI Kabupaten Cirebon,” kata Andi.

Menurutnya, di saat pandemi seperti sekarang ini, banyak masyarakat yang membutuhkan darah. Pada sisi lain, stok darah di PMI kerap menipis karena tingginya permintaan dari masyarakat.

“Donor darah ini sangat bermanfaat, selain sebagai kegiatan sosial dan rasa kepedulian akan kemanusiaan, juga baik untuk kesehatan bagi pendonornya, pendonor  akan mendapatkan banyak manfaat,” ujar Andi kepada Suara Cirebon.

Sementara itu, salah seorang petugas PMI Kabupaten Cirebon, Firanti, menyampaikan, kegiatan donor darah di Desa Gebang Kulon rutin dilaksanakan. Menurut dia, sejauh ini antusias warga sekitar di setiap pelaksanaannya cukup baik.

Dikatakannya pula, dari jumlah pendaftar yang ingin mendonorkan darah sebanyak 27 orang, hanya 22 orang yang dinyatakan layak untuk mendonorkan darahnya.

“Sedangkan ada lima orang yang tidak memenuhi kelayakan untuk mendonorkan darahnya, kebanyakan dikarenakan tensi darahnya rendah,” ungkapnya.

BACA JUGA: Pemdes Cisaat Bagikan Sertifikat PTSL

Menurut Firanti, meski stok labu darah yang ada di PMI Kabupaten masih aman, namun dirinya berharap partisipasi masyarakat untuk mendonorkan darah terus meningkat di setiap kegiatan yang dilakukannya. Ia juga berharap masyarakat dapat secara langsung mendonorkan darah ke kantor PMI dengan rutin.

“Dengan rutin kita mendonorkan darah tentunya baik untuk kesehatan dan akan banyak manfaatnya untuk tubuh kita. Akan lebih bagus setiap mendonorkan darah, membawa pendonor yang baru,” harapnya. (Baim)

Comment

News Feed