by

PKB Kabupaten Cirebon Tasyakuran Perpres Dana Abadi Pesantren

CIREBON, SC- Wakil Ketua MPR RI, Dr H Jazilul Fawaid mengatakan, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di setiap momentum yang mengenai pesantren selalu hadir. Bahkan belum lama ini Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar menjadi inisiator atas ditandatanganinya Peraturan Presiden (Perpres) Nonor 82 Tahun 2021 tentang Dana Abadi Pesantren.

“PKB yang selama ini selalu bersama-sama dengan pesantren, jadi Hari Santri PKB ngawal, Undang-Undang Pesantren PKB juga hadir dan Perpres Dana Abadi Pesantren PKB juga hadir bahkan sebagai inisiator, ” kata Jazilul Fawaid, saat menghadiri tasyakuran DPC PKB Kabupaten Cirebon atas disahkannya Perpres Nomor 82 Tahun 2021, di Sekretariat DPC PKB setempat, Kamis (16/9/2021)

Menurutnya, PKB sudah dikenal berbasis pesantren maka kehadirannya di Kabupaten Cirebon merupakan bentuk takzim kepada daerah yang dikenal sebagai kota wali.

“Perpres ini harus kita kawal bersama untuk kepentingan para santri yang selama ini ingin menikmati pembangunan khususnya di bidang pendidikan,” kata Jazilul Fawaid yang juga Wakil Ketua DPP PKB itu.

Sejauh ini, menurutnya, keberadaan pesantren di Indonesia semakin membaik, meski beasiswa untuk santri ke luar negeri dan melanjutkan S2 anggarannya sangat minim.

“Sebenarnya dana abadi pendidikan sudah ada sejak dulu, sedangkan dana abadi pesantren itu belum,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPC PKB Kabupaten Cirebon, Raden Hasan Basori mengatakan, kegiatan tasyakuran yang dilakukan, sebagai bentuk rasa syukur PKB atas disahkannya Perpres 82 tahun 2021 terkait dana abadi pesantren.

“Saya sangat mengapresiasi pengawalan PKB terhadap Perpres Pesantren terkait dana abadi pesantren yang keluar pada beberapa hari yang lalu, bagi Kabupaten Cirebon ditandatangani Perpres Dana Abadi Pesantren ini sangat istimewa,” kata Hasan.

Di Jawa Barat, lanjut Hasan, jumlah pesantren yang relatif besar hanya di Kabupaten Cirebon sehingga dengan ditandatanganinya Perpres dana abadi pesantren ini tentu adalah bagian dari langkah teknis selanjutnya kesiapan pesantren dalam menerima bagian dari dana abadi itu.

“Tentunya kami PKB di daerah hubungan dengan pesantren sangat cukup kuat karena pesantren yang merupakan basis kekuatan kami dan bisa eksis di Kabupaten Cirebon. Kami akan terus kawal Perpres ini di daerah,” ujar Hasan.

Hadir pada kegiatan tersebut pengurus DPC PKB Kabupaten Cirebon, pengurus Dewan Syuro DPC PKB Kabupaten Cirebon, Ketua DPW PKB Jawa Bara,t Syaiful Huda, Ketua PCNU Kabupaten Cirebon, KH Azis Hakim Syaerozi, Ketua Syuriah PCNU Kabupaten Cirebon KH Wawan Arwani, anggota DPR RI Maman Imannulhaq dan Dedi Wahidi. (Surya)

Comment