by

Banyak Bantu Penanganan Bencana, Bupati Apresiasi Kiprah PMI Kabupaten Cirebon

PEMERINTAH Kabupaten Cirebon mengapresiasi langkah Palang Merah Indonesia (PMI) dalam membantu pemerintah daerah untuk mengatasi permasalahan di semua sektor. Bahkan, di masa pandemi, PMI Kabupaten Cirebon selalu hadir untuk membantu masyarakat dalam penanganan Covid-19.

Hal itu dikemukakan Bupati Cirebon, H Imron, saat menghadiri Apel Siaga dalam rangka HUT ke-76 PMI di Desa Gemel, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Selasa (21/9/2021).

Tak lupa, Imron mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak PMI yang selalu membantu pemerintah daerah dalam semua sektor.

“PMI Kabupaten Cirebon banyak berkiprah dalam membantu pemerintah daerah. Seperti penanganan bencana, serta penanganan Covid-19 dengan menyediakan plasma untuk pasien Covid-19 serta bantuan lainnya,” kata Imron.

Imron menjelaskan, butuh sinergitas semua pihak dalam penanganan permasalahan yang ada di Kabupaten Cirebon.

“Salah satunya PMI yang tidak henti-hentinya membantu masyarakat Kabupaten Cirebon yang membutuhkan,” katanya.

BACA JUGA: Pembentukan Provinsi Cirebon Butuh Kajian Ilmiah, Bupati Imron Prediksi Majalengka Pilih Tetap Gabung Jawa Barat

Disinggung soal wilayah Kecamatan Plered, khususnya Desa Gamel dan Sarabau yang setiap tahun mengalami bencana banjir, Imron mengatakan, dirinya ingin mengetahui apa penyebab terjadinya banjir yang setiap tahun terjadi di wilayah tersebut.

“Kita lihat dulu faktornya kenapa wilayah tersebut sering banjir. Nanti Pemkab Cirebon juga akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak dalam penanganannya,” katanya.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Cirebon, Rd Hj Sri Heviyana mengatakan, pihaknya sengaja memilih Desa Gamel untuk kegiatan puncak HUT ke-76 PMI tahun 2021. Pasalnya, Desa Gamel merupakan desa yang setiap tahun mengalami bencana banjir.

“Aksi bersih-bersih sungai di Desa Gamel ini melibatkan semua pihak, seperti TNI, Polri, Basarnas, BPBD, DLH, dan sejumlah relawan. Semoga kalau sungainya bersih tidak terjadi banjir kembali,” katanya.

Heviyana menjelaskan, kegiatan itu merupakan puncak HUT-76 PMI. Selain kegiatan bersih-bersih sungai, menurutnyam banyak kegiatan yang sudah dilakukan PMI Kabupaten Cirebon.

“Kemarin kita sudah melakukan vaksinasi drive thru dan vaksinasi massal di pesantren, pemberian sembako kepada masyarakat tidak mampu, memberikan penghargaan kepada perwakilan warga yang sudah mendonorkan plasmanya dan sekarang bersih-bersih sungai di Desa Gamel,” katanya.

BACA JUGA: Persiapan Transformasi Menjadi UISSI, Komisi VIII DPR RI Kunjungi IAIN Cirebon

Sementara itu pejabat Kuwu Gamel, Adi Susilo mengatakan, masyarakatnya sangat antusias mengikuti kegiatan bakti sosial yang diadakan pihak PMI Kabupaten Cirebon tersebut.

“Masyarakat kami dengan sukarela ikut serta melakukan kegiatan bersih-bersih sampah baik yang di pinggir-pinggir jalan maupun di sungai Sikenanga,” kata Adi.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan bersih-bersih sampah sungai Sikenanga, Desa Gamel tidak lagi banjir.

Sementara itu, Camat Plered, Hardomo mengatakan menyambut gembira pelaksanaan kegiatan bersih-bersih tersebut.

“Mudah-mudahan dengan aksi bersih-bersih sampah yang dilaksanakan dalam rangka HUT ke-76 PMI di Desa Gamel, dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk peduli kepada kebersihan sungai dan wilayah yang dilewati Sungai Sikenanga baik Desa Gamel maupun Sarabau ketika musim penghujan tidak kebanjiran,” kata Hardomo. (Vicky)

Comment