by

Kasus Covid-19 Terus Melandai, RSD Gunung Jati hanya Rawat Satu Pasien Covid-19

PASIEN Covid-19 yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Daerah Gunung Jati Cirebon terus berkurang. Hal tersebut menandakan penyebaran Covid-19 di Kota Cirebon melandai cukup baik.

Demikian disampaikan Direktur Utama Rumah Sakit Gunung Jati Cirebon, dr Katibi kepada wartawan saat mendampingi Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Agus Mulyadi melakukan peninjauan gudang vaksin, Rabu (29/9/2021).

“Saat ini pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit sudah berkurang. Yang dirawat tinggal satu pasien. Alhamdulillah sudah menurun,” kata Katibi.

Walaupun angka pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di rumah sakit sudah berkurang, pihaknya tetap melakukan antisipasi adanya lonjakan kembali.

“Yang kami siapkan pertama dari segi tempat tidur dari sejumlah 438 akan kita siapkan. Dari sisi SDM terus kita asah kemampuan dalam penanganan Covid-19,” ujar Katibi.

Seiring dengan itu, sambung Katibi, vaksinasi juga terus dilakukan dalam rangka melindungi diri. Bukan hanya itu saja, pihaknya juga menyiapkan dari sisi logistik seperti penyediaan obat dan alat pelindung diri terus dipantau.

“Kemudian kita juga tetap menjaga keamanan pasien dari mulai memakai masker mencuci tangan dan prokes lainnya,” ujar Katibi.

BACA JUGA: Tempat Penyimpanan Vaksin Tampung 150 Ribu Dosis

Sementara itu, Sekda Kota Cirebon Agus Mulyadi mengatakan, IGD di RSD Gunung Jati sudah mulai kembali difungsikan ke pelayanan umum.

“Kemarin IGD sempat outbreak, alhamdulillah sekarang sudah melandai, IGD juga sudah difungsikan kembali ke pelayanan umum,” kata Sekda.

Agus berharap gelombang ketiga Covid-19 tidak terjadi, asal protokol kesehatan tetap diterapkan.

“Kalaupun kondisi kembali memburuk segalanya sudah disiapkan,” tandasnya. (Surya)

Comment