by

Tanggal Satu Beli Produk UMKM

PELAKSANAAN Business Development Service merupakan kegiatan lanjutan dari Hari Belanja Online Produk UMKM (Harbolkum) Kota dan Kabupaten Cirebon. Kegiatan dengan tema “UMKM Mahir Pembukuan” itu dapat mendorong potensi UMKM naik kelas. Karena, kegiatan tersebut masuk ke dalam rantai produksi global dan meningkatkan kualitas usaha UMKM menjadi lebih kompetitif untuk menembus pasar dalam dan luar negeri. 

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Cirebon, Hj Wahyu Tjiptaningsih SE MSi dalam acara webinar pelaksanaan Business Development Service secara virtual di ruang kerja Wakil Bupati Kantor Setda Kabupaten Cirebon, Jumat (1/10/2021). 

Menurut Wabup, di Kabupaten Cirebon ini jumlah pelaku UMKM sangat banyak. Pemda Kabupaten Cirebon melalui Dinas Koperasi dan UMKM berupaya merangkul para pelaku UMKM melalui berbagai wadah dan program. Diterangkannya, banyak kendala yang dialami pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya. Salah satunya adalah masalah pencatatan keuangannya. 

Permasalahan tersebut, kata dia, disebabkan karena kurangnya kemampuan pelaku UMKM dalam mengelola dan membukukan keuangan usahanya. Sehingga pemasukan dan pengeluaran keuangan tidak tercatat dengan jelas dan rapi.

“Melalui pencatatan atau pembukuan sederhana, pelaku UMKM dapat melihat kondisi dan perkembangan usahanya, termasuk keuntungan dan kerugian dari bisnisnya,” kata Ayu, sapaan akrab Wahyu Tjiptaningsih.

Ia menerangkan, melalui pembukuan ini dapat dijadikan patokan dalam merancang strategi bisnis ke depan. Sehingga pelaku UMKM semakin jeli dan kreatif untuk dapat bertahan dan memenangkan persaingan usaha dimasa pandemi ini.

Ayu pun mengajak kepada masyarakat Kabupaten Cirebon dan sekitarnya untuk turut mendukung dan mendorong kegiatan pelaku UMKM. “Saya sangat mengapresiasi pelaku UMKM yang telah membuktikan kemampuannya sehingga dapat melalui masa krisis seperti sekarang ini,” ujarnya.

BACA JUGA: Pedagang: Kita Disuruh Bertarung di Bawah

Dia pun mengimbau, kepada pelaku UMKM agar tetap taat pajak dengan membayar dan melaporkan penghasilannya. Ia juga menyampaikan terimakasih kepada panitia yang sudah mengadakan kegiatan webinar tersebut. Ayu berharap, ilmu yang didapat dari webinar bisa bermanfaat untuk para pelaku UMKM.

“Pesan saya ‘Aja Kalen Tuku Produk UMKM Saben Tanggal Siji’,” ungkapnya.

Webinar Business Development Service  tersebut dihadiri secara virtual oleh Kepala Kanwil DJP Jawa Barat II, Harry Gumelar, Kepala KPP Pratama Cirebon Dua, Abdon Budianto SItumorang, Kepala KPP Pratama Cirebon Satu, Nirmala Rustini, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Cirebon, Muhammad Ferry Afrudin, Ketua Tax Center Universitas Swadaya Gunung Jati, Moh. Yudi Mahadianto. (Islah)

Comment