by

MK Optimistis Proyek Alun-Alun Taman Pataraksa Sesuai Target

CIREBON, SC- Pengerjaan Proyek Alun-Alun Taman Pataraksa (ATP) Sumber harus sudah selesai dalam waktu kurang dari tiga bulan lagi. Namun, proyek prestisius bantuan Pemprov Jabar senilai Rp11 miliar lebih itu terkendala genangan air saat penggalian. Akibatnya, pemasangan lantai dasar dan pondasi besi dipasang saat dengan kondisi tergenang.

Untuk menyiasatinya guna mengejar progres, pemasangan pondasi pada lantai kerja yang sudah selesai, terus dilakukan. Sementara pengerukan dibagian barat yang masih cukup luas, juga terus dikerjakan. Namun, lagi-lagi meski hanya bersifat genangan, serangan air masih terus datang.

“Ya mau bagaimana lagi, genangan air dimana-mana. Kita sedot berapa kali juga malah pompa airnya yang rusak,” kata Manajemen Konstruksi (MK), Toto, Senin (4/10/2021).

Menurut Toto, tidak ada masalah, lantai kerja dan pondasi besi dipasang dalam genangan air. Karena tinggi lantai kerjanya sendiri adalah 5 centi meter. Nantinya setelah pemasangan lantai kerja, akan kembali dipasang basement yang tingginya 20 centimeter. Untuk cor-coran besi beton penyangganya, Toto mengklaim, ketinggiannya mencapai 60 centimeter.

“Memang lantai kerja hanya bisa menahan genangan air lima puluh persen saja. Tapi ketika lantai kerjanya sudah tertutup basemant, air dipastikan sudah kita stop. Saya jamin tidak akan ada kebocoran pada lantai basemant karena kita memakai water pump,” papar Toto.

Dijelaskan Toto, persoalannya  nanti justru pada penyambungan cor-coran lama dengan cor-coran baru belum tentu senyawa. Yaitu penyambungan lantai dasar dengan basemant. Ia mengaku khawatir penggunaan water pump nanti dengan kualitas asal asalan.

“Disamping itu dalam spek juga menggunakan waterstop. Bagaimana kalau pemakaian waterstopnya asal ciprat ciprat saja, pasti bocor lah,” tegas Toto.

Disinggung progres penggalian yang sudah melampaui batas, Toto mengaku optimis dalam waktu dekat akan selesai. Pasalnya, semua material untuk basemant sudah siap dilokasi proyek. Selain itu, pekerjaan juga dilakukan sampai jam 22.00 WIB sebagai upaya mengejar progres.

“Penggalian sebentar lagi, Insyaallah proyek akan selesai sesuai target tanggal 20 Desember nanti. Kecuali faktor cuaca yaitu turun hujan berhari- hari, pasti progresnya terganggu,” paparnya.

BACA JUGA: Bentrok Maut di Lahan PG Jatitujuh, Dua Tewas

Terkait rencana kunjungan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil pada tanggal 12 bulan ini, Toto memastikan proyek ATP tidak mengecewakan. Sehingga, saat Ridwan Kamil melakukan kunjungan nanti, semua basement sudah selesai.

“Termasuk galeri yang bersebelahan dengan basemant, itu sudah selesai. Intinya, semua basemant baik untuk parkir maupun galeri, sudah bisa selesai,” ujarnya.

Namun, sambung Toto, sampai saat ini belum ada anggaran apapun yang bisa dicairkan dalam proyek Banprov tersebut, baik anggaran untuk pembangunan ATP maupun anggaran konsultannya.

“Anggaran sama sekali belum turun dari provinsi. Sementara kami dikejar progres, tapi mau bagaimana lagi,” pungkasnya. (Islah)

Comment