by

Bupati Cirebon Resmikan Rutilahu di Desa Pamengkang

CIREBON, SC- Bupati Cirebon, H Imron, meresmikan rumah warga Desa Pamengkang, Kecamatan Mundu, yang dibangun dari nol oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Cirebon, Kamis (7/10/2021).

Dalam sambutannya,Bupati menyampaikan, rumah tidak layak huni (Rutilahu) di Kabupaten Cirebon telah dibangun melalui kerja sama dengan Baznas.

Menurutnya Baznas yang telah membantu, masyarakat Kabupaten Cirebon melalui penyaluran bantuan sosial, di antaranya rutilahu.

“Tiap bulan terkumpul uang dari ASN dan diaudit sehingga Baznas mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), nilai terbaik,” ujar Imron.

Dirinya pun menjelaskan, rumah tidak layak huni di Kabupaten Cirebon ada 10 ribu lebih. Sehingga, setiap bulannya ada pengajuan untuk rutilahu.

“Di Baznas tiap bulan ada untuk rutilahu dan sosial keagamaan. Kalau di pemerintah proposalnya harus benar dan prosesnya lama, tetapi di Baznas yang penting ada pengajuan dengan dilampirkan tanda tangan kuwu, lurah, dan camat bisa langsung mendapatkan bantuan,” kata Imron.

Sementara itu, perwakilan Baznas Kabupaten Cirebon, KH Ahmad Zaeni Dahlan mengatakan, pihaknya tahun ini telah melaksanakan bedah rumah yaitu bangun dari nol berdasarkan permintaan dari warga.

“Sebelumya kami survei terlebih dahulu,  kalau layak mendapatkan program ini. Kita robohkan dan kita bangun dari nol sampai selesai. Dan ini merupakan rumah ke sembilan yang dibangun dari nol,” katanya.

BACA JUGA: Rumah Warga Lebakmekar Tiba-tiba Ambruk, Dua KK Terpaksa Tinggal di Tenda Darurat

Pihaknya menargetkan, satu kecamatan dibangun satu rumah dari nol sampai selesai.

“Kita masih memberikan rutilahu yang lain, hanya sekadar rehab rumah. Tahun ini sumbangan sarana prasarana masjid, ponpes, sekitar Rp2,8 miliar mulai Agustus sampai Oktober. Ini tidak termasuk dari bupati, kalau dihitung semua mencapai Rp3,5 miliar selama tiga bulan ini,” pungkasnya. (Baim)

Comment