by

Disdik Kabupaten Cirebon Bekali Pengajar TK Perkembangan Motorik Anak

CIREBON, SC- Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon melalui Bidang Pendidikan Usia Dini (PAUD) mengadakan kegiatan pembekalan bahan ajar guru Taman kanak-kanak (TK) negeri dan swasta.

Kepala Disdik Kabupaten Cirebon, Deni Supdiana melalui Kabid Paud, Panca mengatakan, pada pembekalan kali ini tema yang diberikan tentang motorik anak usia dini. Pihaknya berharap, kegiatan tersebut dapat meningkatkan kwalitas tenaga pengajar.

“Acara pembekalan bahan ajar para guru TK negeri dan swasta berlangsung selama dua hari per tanggal 4 sampai 5 Oktober 2021 kemarin, di salah satu hotel di Jalan Tuparev,” kata Panca, Kamis (7/10/2021).

Dalam pelaksanaannya, pihaknya membagi menjadi dua sesi 40 peserta guru per hari dengan jumlah total peserta 80 guru TK sesuai dengan prokes covid-19.

“Alhamdulillah tidak ada kendala dalam pelaksanaan acara tersebut,” tuturnya.

Masih kata Panca, maksud dan tujuan acara diselenggarakan adalah untuk menambah pengetahuan para pendidik dalam melaksanakan tugas di sekolah. Juga, memberikan pembelajaran atau bahan ajar khususnya peserta di usia dini atau taman kanak-kanak.

Dikatakannya pula, pembahasan dipaparkan perkembangan motorik anak dibagi dua kategori, yakni motorik kasar dan halus. Motorik kasar merupakan gerakan yang dilakukan anak melibatkan kelompok otot-otot besar, seperti lengan, kaki, betis, atau seluruh tubuh anak.

“Jadi, gerakan motorik kasar anak meliputi merangkak, berlari, melompat, melempar dan menangkap bola,” jelasnya.

BACA JUGA: Terkait Temuan Penggunaan Ijazah Paket Tidak Asli, Disdik Kabupaten Cirebon Imbau PPS Selektif

Untuk motorik halus, jelasnya, adalah gerakan motorik anak yang melibatkan otot-otot kecil dalam tubuh anak, seperti tangan, jari dan pergelangan tangan.

“Contoh gerakan motorik halus anak, antara lain mencoret kertas, menggambar, menggoyangkan jempol dan menyusun balok menjadi menara,” imbuhnya.

Selain motorik, kegiatan ini juga termasuk dalam perkembangan kognitif balita. Menutup pembicaraan, Disdik berharap melalui pelaksanaan acara ini. Kwalitas guru, khususnya di TK negeri dan swasta dapat meningkat agar kedepan lulusan TK bisa mengikuti pembelajaran dijenjang pendidikan SD. (Sarrah/job)

Comment