by

Pemkab Cirebon Kejar Target PPKM Level 2

KABUPATEN CIREBON, SC- Kodim 0620/Kabupaten Cirebon gencar melakukan vaksinasi dengan sasaran masyarakat umum, lansia hingga remaja atau siswa. Kegiatan masif tersebut dilakukan untuk mengejar target penurunan level kewaspadaan Covid-19 Kabupaten Cirebon ke PPKM Level 2.

Dandim 0620/Kabupaten Cirebon, Letkol Inf Sugir, menyampaikan, pengerahan masyarakat agar bisa hadir di sentra-sentra vaksinasi terus dilakukan oleh Babinsa dan Koramil di seluruh wilayah Kabupaten Cirebon. Di Kodim sendiri, pihaknya memiliki satu tim yakni Poskesdim yang bertugas melakukan vaksinasi dengan sasaran masyarakat umum dan siswa.

Menurut Sugir, terhitung sejak tanggal 21 Juni 2021 hingga sekarang, Poskesdim sudah melakukan vaksinasi sebanyak 69.668 dosis. Jika dihitung rata-rata per hari, kata dia, vaksinasi yang dilakukan Poskesdim sudah mencapai target minimal 1.000 dosis dengan sasaran siswa dan masyarakat umum. Bahkan jika ada nakes dari Dinkes yang diperbantukan, Dandim optimistis capaian vaksinasi bisa menyentuh angka 2.000 per hari.

Namun akhir-akhir ini, sambung Sugir, vaksinasi yang dilakukan Poskesdim mulai fokus menyasar para siswa.

“Akhir-akhir ini tugas Poskesdim fokus dulu ke siswa. Karena saat ini kami berbagi tugas dengan Dinkes yang menyasar masyarakat umum dan lansia khususnya yang akan Pilwu. Tapi sebelumnya juga ke masyarakat umum semuanya, jadi tidak membeda-bedakan,” ujar Sugir, Selasa (12/10/2021).

Ia menjelaskan, fokus vaksinasi kepada para siswa tersebut mengingat sekolah-sekolah di Kabupaten Cirebon sudah mulai membuka kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka. Karena, KBM tatap muka yang dilakukan para siswa juga membuka risiko adanya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang cukup besar.

BACA JUGA: Upaya Turun ke PPKM Level 2 Terhambat Vaksinasi

Ia berharap, gencarnya vaksinasi yang dilakukan pihaknya beserta Pemda dan Polresta Cirebon, membuat capaian target vaksinasi 50 persen masyarakat umum dan 40 persen lansia bisa tuntas sampai akhir Oktober ini.

“Sehingga kita bisa turun level, kalau turun ke level 2 otomatis kan bisa membuka ruang usaha, bisa bergerak lebih leluasa lagi,” ungkapnya. (Islah)

Comment