by

Petani Jemaras Kidul Gunakan Sky Drone

KABUPATEN CIREBON, SC- Petani di Desa Jemaras Kidul, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon mulai memasuki musim tanam ketiga. Ketersediaan pasokan air yang menipis membuat petani melakukan uji coba menggunakan sky drone pruduksi PT Buyer dari Jakarta.

Kuwu Jemaras Kidul, Isgiantoro menjelaskan, di musim tanam ketiga melalui uji coba penyemprotan melalui sky drone agar lebih praktis dan meringankan tenaga.

“Para petani menginginkan musim tanam ketiga khususnya wilayah Si Bunder seluas 28 hektare bisa dilakukan. Nah bagaimana agar sawah bisa terairi pada musim tanam ketiga ini, maka kita coba semprot gunakan sky drone,” kata Isgiantoro, Selasa (12/10/2021).

Diakui, Isgiantoro, drono hanya digunakan untuk menyemprot. Sedangkan untuk mengairi sawah, berdasarkan hasil musyawarah para petani disepakati dari sungai yang dibantu dengan pompa air.

“Kami sediakan pompa di beberapa  titik agar sawah tersebut bisa terairi,” ujarnya.

BACA JUGA: Kebocoran dan Penyimpangan Garam Impor Bikin Harga Garam Lokal Anjlok hingga di Bawah Rp100/kg

Dengan adanya musim tanam ketiga (MT tiga) ini, menurut dia, petani ada kegiatan sehingga berpeluang mendapatkan penghasilan.

“Mudah-mudahan dengan adanya MT tiga ini berhasil dan untuk kedepannya semua sawah di Jemaras Kidul bisa menjalankan pengairan atau penyemprotan memakai sky drone,” pungkasnya. (Vicky/Narsita)

Comment