by

Pangdam Resmikan Fasilitas Canggih Terapi Kanker

KOTA CIREBON, SC- Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Agus Subiyanto, meresmikan dua instalasi canggih dan sejumlah fasilitas di Rumah Sakit Tingkat III Ciremai, di Jalan Kesambi No. 237 Cirebon, Rabu (13/10/2021).

Dalam peresmian yang ditandai dengan prosesi gunting pita dan penandatanganan batu prasasti itu, turut hadir Danrem 063/SGJ, Asrendam, para Asisten Kasdam, Kapendam, Kakesdam, Karumkit Tk.II Dustira, Dandenkes Garut, Dandenkes Bogor, Dandenkes Serang, Karumkit Tk. III Ciremai beserta unsur medis dan paramedis.

Fasilitas yang diresmikan, yaitu, mes, perkantoran dan instalasi gizi RS Ciremai. Sedangkan dua instalasi (peralatan) canggih yang diresmikan yakni incinerator penghancur limbah medis dan radioterapi alat untuk terapi penyembuhan pasien kanker.

“Incinerator adalah suatu alat untuk melebur atau menghancurkan alat-alat kesehetan yang sudah menjadi limbah medis. Pasalnya, bila limbah dibuang sembarangan ke sungai atau dibuang kemana-mana akan mengakibatkan bahaya pencemaran,” kata Pangdam, usai penandatanganan prasasti.

BACA JUGA: Kapolresta Cirebon Monitoring Vaksinasi di Zona Timur

Atas dasar itu, lanjut Pangdam, pemerintah memberikan incinerator kepada Rumah Sakit Ciremai. Harapannya, dengan adanya alat tersebut, limbah-limbah yang ada di Rumkit ini bisa dihancurkan.

“Kemudian, setelah hancur menjadi debu, abunya bisa dibuat untuk menjadi bahan batako,” ujar Agus.

Selain incinerator, menurutnya, radioterapi sebagai alat bagi masyarakat yang akan penyembuhan kanker.

“Mudah-mudahan masyarakat yang saat ini mengidap penyakit kanker bisa disembuhkan di Rumah Sakit Ciremai ini,” pungkasnya. (Vicky)

Comment