by

Pemuda Harus Jadi Perekat Persatuan

KABUPATEN CIREBON, SC- Bupati Cirebon, H. Imron, M.Ag bersama unsur Forkopimda Kabupaten Cirebon dan sejumlah OPD mengikuti peringatan ke-93 Hari Sumpah Pemuda tahun 2021 secara virtual di ruang Nyimas Gandasari Kantor Setda, Kamis (28/10/2021).

Ketua Panitia Nasional Sumpah Pemuda yang merupakan Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, H. M. Asrorun Ni’am Sholeh mengatakan, Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2021 kali ini mengambil tema “Bersatu, Bangkit dan Tumbuh”.

Menurutnya, tema tersebut diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

“Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa. Tema Bersatu, Bangkit dan Tumbuh ini sesungguhnya diperuntukan bagi seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi penting karena di tangan pemudalah kita berharap Indonesia bisa bangkit dari keterpurukan akibat pandemi dan melangkah lebih maju untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” katanya.

Ia menjelaskan, tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan global demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

“Untuk itu momentum Hari Sumpah Pemuda yang kita peringati hari ini, harus mampu menjadi perekat persatuan kita sebagai bangsa untuk bersama-sama bangkit melawan pandemi, serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang kokoh melalui kewirausahaan pemuda,” ujarnya.

BACA JUGA: Insan Muda Demokrasi Indonesia Gelar Donor Darah

Selain itu, kata Asrorun, seiring dengan komitemen pemerintah melalui arahan Menteri Pemuda dan Olahraga, bahwa para pemuda sekarang harus ikut fokus pada kondisi pemulihan dan membangkitkan ekonomi di masa Pandemi Covid-19.

“Sekarang pemuda harus ikut dan pemuda sebagai pengerak pemulihan ekonomi dalam upaya membangkitkan ekonomi, juga percepatan pemulihan situasi ekonomi nasional menyongsong Indonesia maju, pemerintah terus mendorong tumbuhnya wirausaha baru, wirausaha muda, baik dalam hal penumbuhan minat, pemberian bantuan wirausaha, termasuk wirausaha berbasis perguruan tinggi dan pesantren sampai pada apresiasi wirausaha berprestasi,” tandasnya. (Islah/Lis)

Comment