by

IAIN Cirebon dan 57 PTKIN Teken Kerja Sama dengan UIN Raden Intan Lampung

CIREBON, SC- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon bersama 57 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) lainnya menandatangani kerja sama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, Jumat (5/11/2021).

Penandatanganan kerja sama tersebut terkait implementasi konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Wakil Rektor I IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr Saefuddin Zuhri MAg pun langsung terbang ke UIN Raden Intan Lampung untuk menandatangani kerja sama tersebut.

Wakil Rektor I UIN Raden Intan Lampung, Prof Dr Alamsyah MAg mengatakan, direncanakan kerjasama tersebut tidak hanya MBKM, tetapi akan diperluas ke bidang-bidang dan perguruan tinggi umum lainnya.

Alamsyah memaparkan, ada sembilan bidang MBKM yang disepakati dan akan dilaksanakan.

Sembilan bidang itu, terang dia, yaitu pertukaran mahasiswa, magang atau praktik kerja, mengajar di sekolah, penelitian atau riset, proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha, studi proyek independen, pengabdian kepada masyarakat, dan bela negara.

“Dengan MBKM ini maka perguruan tinggi akan semakin berkembang maju, terbuka di dalam dan luar negeri,” ujar Alamsyah.

BACA JUGA: Dirjen Pendis Kemenag RI Minta Peran Humas Diperkokoh, Kasubag Humas dan Publikasi IAIN Cirebon: Kita Sudah Kerja Sama dengan Media Cetak dan Online

Kemudian, imbuh dia, perguruan tinggu juga dapat saling mendukung dan berkontribusi, memiliki visi dan misi yang riil. Sehingga, hal ini dapat menjadikan dosen dan mahasiswa sebagai subyek pro aktif dalam pendidikan, bukan obyek yang terkungkung dalam kurikulum yang kaku.

“Serta lulusan memiliki peluang masa depan lebih cerah,” tandasnya. (Ril)

Comment