by

Sekda: Desember Kota Cirebon Capai Herd Immunity

KOTA CIREBON, SC- Capaian vaksinasi di Kota Cirebon mendekati target. Data vaksinasi umum sudah mencapai 95 persen, sementara untuk lansia 61,7 persen.

Kepala Dinkes Kota Cirebon, Edy Sugiarto mengatakan, Pemerintah Kota Cirebon menargetkan bulan Desember herd immunity terbentuk.

“Tinggal vaksinasi di kalangan lansia baru 61 persen, sisa 40 persen lagi. Kita optimis Desember kekebalan kelompok terbentuk,” kata Edy Sugiarto, Selasa (9/11/2021).

Edy menuturkan, meski beberapa hari kemarin di Kota Cirebon mengadakan vaksinasi besar-besaran. Diakuinya, jumlah sasaran yang divaksin masih tercampur dengan warga Kabupaten Cirebon.

“Kita tinggal 10 persen lagi akan tercapai herd immunity . Syarat menuju (PPKM) level 1 ini sebenarnya sudah masuk,” kata Edy.

Pihaknya memastikan, melalui Pukesmas di masing kelurahan yang gencar melakukan vaksinasi baik itu terpusat atau menjemput bola dengan door to door, target kekebalan kelompk di bulan Desember dapat tercapai.

Sementara itu, Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Cirebon, Agus Mulyadi mengatakan, Pemkot Cirebon telah melakukan evaluasi terhadap progres yang telah dicapai.

“Secara keseluruhan alhamdulillah baik terkecuali ditracingnya kita akui masih kurang. Masih dalam kategori sedang,” kata Agus.

BACA JUGA: Wali Kota Cirebon Raih Penghargaan Tokoh Penggerak Inklusi

Dirinya meminta agar Dinas Kesehatan apakah tracingnya yang kurang atau inputnya yang tidak masuk.

“Karena sampling PTM saja sudah banyak (kasus positif Covid-19, red). Dinkes harus kroscek, tracing nya apa inputnya belum masuk,” kata Agus. (Surya)

Comment