by

Sujiwo Tejo Ucapkan Selamat Ultah ke-6 untuk Jurusan Bahasa Indonesia IAIN Cirebon

CIREBON, SC- Tokoh budayawan ternama, Agus Hadi Sudjiwo atau yang lebih dikenal dengan Sujiwo Tejo, seorang aktor, pemusik, penulis, dan budayawan Indonesia mengucapkan selamat ulang tahun (ultah) ke 6 untuk Jurusan Bahasa Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Kamis (11/11/2021).

Sujiwo Tejo melalui chanel video pribadinya mengucapkan selamat ulang tahun yang ke 6 kepada mahasiswa Bahasa Indonesia yang ke enam, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, semoga kalian masih bisa menjadikan Bahasa Indonesia bukan saja sebagai alat komunikasi tetapi juga sebagai alat untuk berekspresi.

“Bangkit, jangan menyerah, jangan terserah, sampai jumpa dengan aku,” kata Sujiwo Tejo.

Demikian juga menurut Ketua Jurusan Bahasa Indonesia, Dr Hj Tati Sri Uswati, bahwa dalam menyambut momentum hari ulang tahun jurusan Bahasa Indonesia, pihaknya menggelar sejumlah ajang perlombaan, seperti pidato, cipta puisi, membaca puisi, dan menulis esai.

Kegiatan tersebut diikuti oleh berbagai tingkatan pendidikan, baik SMP, SMA sederajat hingga tingkat mahasiswa se-Jawa Barat, yang diadakan di Auditorium FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon lantai 5 dan via daring dengan menggunakan media Zoom Meeting.

Demikian juga dengan kegiatan Webinar Nasional yang diisi oleh budayawan nasional Sujiwo Tejo, membuat seluruh peserta baik siswa, mahasiswa, dosen dan masyarakat umum konsen menyimak pemaparan budayawan kondang tersebut. 

“Kegiatan ini, selain memperingati bulan bahasa, acara ini juga sekaligus merayakan Harlah ke-6 Himpunan Mahasiswa Bahasa Indonesia (HIMABI), dan dari pemateri Sujiwo Tejo, kita bisa memetik ilmu dari materi yang disampaikan,” tutur Ketua Jurusan Bahasa Indonesia IAIN Syekh Nurjati, kepada Fokus Cirebon.

Dijelaskan, tujuan kegiatan ini untuk memperkenalkan HIMABI dan Jurusan Tadris Bahasa Indonesia diranah regional jawa barat bahkan nasional dengan tema “Bangkitkan Kecintaan Berbahasa Melalui Sastra dan Budaya”. 

Perlombaan-perlombaan yang digelar, lanjut Tati Sri Uswati, sebagai ranah mengembangkan kreatifitas siswa dan mahasiswa di bidang sastra.   

Ke depan, kata Tati Sri Uswati, HIMABI punya cita dan harapan besar yakni akan terus meningkatan prestasi, kreativitas, serta berbenah diri menjadi organisasi yang mandiri, profesional dan terus mengembangkan ide dan inovasi.

Masih menurut Tati Sri Uswati, bahwa Himpunan Mahasiswa Bahasa Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon, harus menjadi pionir atau acuan bagi himpunan lainya. 

“Walau pun usianya masih seumur jagung, Jurusan Bahasa Indonesia sudah banyak mengukir prestasi di kancah internal kampus, regional dan nasional, tentunya dengan harapan terus melaju sampai Internasional,” katanya.

Kendati demikian, Tati Sri Uswati berharap, HIMABI dapat lebih bersinergi dengan jurusan untuk mewujudkan visi misi jurusan secara bertahap sehingga kegiatan-kegiatan HIMABI dapat lebih mengeksplorasi kemampuan mahasiswa terkait kemampuan berbahasa dan bersastra secara¬† lebih terarah, kreatif dan inovatif, serta berdaya saing global dengan tetap menjunjung nilai-nilai keislaman yang moderat dan berpijak pada nilai-nilai kearifan lokal,” pungkasnya. (Ril)

Comment