by

Anggaran Menyusut Tak Bicara Kendala, Komisi III DPRD Kota Cirebon Apresiasi Program Kerja Dispora

KOTA CIREBON, SC- Komisi III DPRD Kota Cirebon mengapresiasi program kerja yang telah direncanakan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) setempat untuk tahun 2022. Meski secara anggaran menyusut dibandingkan tahun sebelumnya. 

Hal ini disampaikan Ketua Komisi III DPRD Kota Cirebon dan jajarannya saat rapat kerja bersama Dispora di Griya Sawala. Rapat tersebut membahas tentang rencana program dan anggaran Dispora pada 2022, Kamis (11/10/2021).

Ketua Komisk III DPRD Kota Cirebon, Tresnawaty mengatakan, meskipun keadaan anggaran belum dapat maksimal, Dispora diminta bisa memaksimalkan anggaran yang ada. Dia juga mendorong Dispora untuk memanfaatkan program kementerian.

“Kerja sama dengan kementerian dan lainnya, ini upaya agar Dispora bisa memperbanyak event (kejuaraan). Syukur-syukur setiap bulan ada,” kata Tresnawaty saat rapat.

Meskipun SOTK baru, kata Tresnawaty, Komisi III DPRD Kota Cirebon sangat mengapresiasi, karena dalam rapat kerja ini tidak ada pembicaraan soal kendala di Dispora. 

“Tapi, kita bicara soal bagaimana berkarya dan mencari solusi dengan keterbatasan,” katanya.

Sebagai dinas yang menaungi kepemudaan dan olahraga. Kader Gerindra itu sangat berharap Dispora bisa mendorong peningkatan pembinaan kepemudaan dan atlet di Kota Cirebon.

 “Ini sudah cukup jelas. Paparan soal program dan anggarannya cukup gamblang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dispora Kota Cirebon, Sutikno mengatakan, pada tahun 2021 anggaran Dispora mencapai Rp13,3 miliar. Sedangkan untuk rencana anggaran pada 2022 mencapai Rp 10,9 miliar.

“Penurunan itu karena PAD dan DAU yang berkurang. Ada selisih sekitar Rp3 miliar dibandingkan tahun 2021,” ucap Sutikno.

BACA JUGA: Sekda: Desember Kota Cirebon Capai Herd Immunity

Sutikno menerangkan, program tahun 2022 pada prinsipnya berbasis anggaran. Namun, pihaknya tetap berupaya untuk memaksimalkan program-program yang tidak berbasis anggaran.

Dalam rapat tersebut, Sutikno juga memaparkan sejumlah program yang direncakan untuk 2022, seperti pembinaan pemuda agar menjadi pelopor dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi, serta pembinaan atlet.

“Kita telah menyusun program kejuaraan olahraga tingkat kota. Belanja pemeliharaan kolam renang, dan lainnya,” katanya. (Surya)

Comment