by

Ciawiasih Diharapkan Bisa Ikuti Lomba Posyandu Nasional

KABUPATEN CIREBON, SC- Pemkab Cirebon merasa sangat bangga karena Desa Ciawiasih, Kecamatan Susukanlebak akhirnya masuk enam besar Lomba Posyandu tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2021. Hal itu merupakan prestasi yang cukup besar karena Kabupaten Cirebon bisa bersaing dengan 27 kota/kabupaten lainnya di Jawa Barat dalam ajang tersebut.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, saat mendampingi rombongan tim penilai lomba Posyandu tingkat Jawa Barat di Desa Ciawiasih, Kecamatan Susukanlebak, Kabupaten Cirebon, Kamis (11/11/2021). 

Menurut Ayu, masuknya Desa Ciawiasih dalam enam besar lomba Posyandu tingkat Jabar ini tidak lepas dari kerjasama semua pihak, baik Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Cirebon, unsur kecamatan, desa serta pihak swasta.

“Ini semua hasil kerja keras semua pihak, sehingga setiap kegiatan Posyandu di Kabupaten Cirebon bisa berjalan dengan baik,” ujar Ayu.

Ia menjelaskan, Pemkab Cirebon sangat mendukung semua kegiatan oleh Pokjanal Posyandu. Bahkan, pihaknya sudah menerbitkan Peraturan Bupati Cirebon Nomor 110 Tahun 2017 tentang Pedoman Desa dan Kelurahan Sejahtera, serta Peraturan Bupati Cirebon Nomor 03 Tahun 2021 tentang Alokasi Rincian Penggunaan Dana Desa untuk Anggaran Posyandu.

“Semoga hasil klarifikasi dari tim penilai di lapangan, Posyandu di Desa Ciawiasih Kecamatan Susukanlebak mendapatkan nilai terbaik, sehingga menjadi juara pertama tingkat Jawa Barat tahun 2021,” harap Ayu.

Jika nanti Kabupaten Cirebon menyabet juara pertama Lomba Posyandu tingkat Provinsi Jawa Barat, kata Ayu, dirinya mendorong kader Posyandu untuk lebih baik lagi dalam pelayanan kepada masyarakat.

“Pemerintah daerah, kecamatan, desa dan swasta ini semuanya mendorong kegiatan posyandu yang kita harapkan ke depan akan menghasilkan anak-anak yang sehat, cerdas dan juga menjadi generasi penerus bangsa dan negara, khususnya di Kabupaten Cirebon,” paparnya. 

BACA JUGA: Rumah Sakit Siaga Hadapi Lonjakan Kasus

Sementara itu, Ketua Tim Klarifikasi Lomba Posyandu tingkat Provinsi Jawa Barat, Lisa Avianti mengatakan, desa yang menang dalam Lomba Posyandu ini akan mewakili Provinsi Jabar ke tingkat  Nasional di tahun 2022 mendatang.

Menurutnya, dalam lomba Posyandu ini semua pihak ikut terlibat. Sebab, lomba Posyandu ini sedikit mewakili semua perangkat daerah.

“Kalau kita lihat Posyandu ini ujungnya semua program, jadi kita lihat ada beberapa program dari perangkat daerah yang mewakilkan maupun dilaksanakan di Posyandu,” katanya. (Islah)

Comment