by

Kebun Bawang Merah dengan Landscape Perbukitan, Indahnya Waduk Setu Patok Jadi Wisata Alternatif Warga Cirebon

PEMANDANGAN indah nan asri di Waduk Setu Patok sungguh memanjakan mata. Waduk yang terletak di Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon ini kerap dimanfaatkan warga sebagai tempat wisata alternatif.

Karena, selain tidak perlu merogoh kocek alias gratis, di tempat ini juga terdapat spot swafoto menarik, yaitu sepetak kebun bawang milik warga desa di sekitar waduk tersebut. Tanaman bawang berada di tepian waduk bersama tanaman padi di sekitarnya.

Kebun bawang ini milik H Caslim. Kebunnya kerap didatangi warga, khususnya kawula muda untuk berswafoto. Lanscape kebun bawang dengan background perbukitan dan waduk yang indah menjadi daya tarik tersendiri, terlebih jika cuaca cerah.

“Banyak anak-anak muda yang sering datang ke kebun saya untuk mengambil foto. Menurut mereka pemandangan di sini bagus,” kata H Caslim, Kamis (11/11/2021).

Tidak sedikit pengunjung yang datang ke kebun bawang Setu Patok dari luar Cirebon. Bagi mereka, bentang alam yang ada di sekitar kebun ini sangat memanjakan mata.

Caslim mengaku, dirinya merasa tidak terganggu kendati banyak warga yang mengambil foto di kebunnya. Melainkan, dia merasa senang, karena aktivitas tersebut dapat meramaikan ke kebunnya.

“Ada yang datang ke sini waktu subuh. Saya awalnya kaget, tapi saya wajarkan. Saya tidak terganggu dengan aktivitas mereka karena kebun saya tidak dirusak,” ujarnya.

Sudah cukup lama H Caslim menanam bawang merah di tepian Waduk Setu Patok. Dalam sekali panen, dia bisa mendapat keuntungan hingga Rp10 juta. Menurut dia, hasil menanam bawang merah menguntungkan ketimbang menanam padi.

“Sekali panen dapat 3 kwintal. Keuntungannya Rp10 juta, modal Rp5 juta. Jadi dapat bersih sebesar Rp5 juta,” ungkap kakek berumur 70 tahun ini.

Patnur, dia adalah salah satu wisatawan yang datang ke kebun bawang Waduk Setu Patok. Pemuda berumur 22 tahun ini tertarik datang ke lokasi ini karena pemandangan di kebun bawang merah ini dianggapnya cocok dijadikan spot berswafoto. Terutama, landscape perbukitan yang mengitari kebun tersebut.

“Pemandangan di sini bagus dan suasananya sejuk. Jadi betah berlama-lama di sini,” ujarnya.

BACA JUGA: Bupati: Harus Ada Regenerasi Petani

Pemuda asal Buntet, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon ini mengetahui lokasi tersebut dari postingan di media sosial Instagram. Dari postingan tersebut, dia kemudian berinsiatif mencari tahu letak kebun bawang merah ini.

“Menurut ku ini spot foto yang jarang diketahui. Pemandangannya sesuai dengan foto postingan di Instagram, cakep lah,” ucapnya

Tidak jauh, untuk sampai ke lokasi ini perjalanan yang ditempuh dari Kota Cirebon hanya sekitar 30 menit. Panorama alam di Setu Patok bisa dinikmati dengan biaya murah. Pengunjung hanya perlu membayar parkir yang sudah disediakan. (Sarrah/job)

Comment