by

Kota Cirebon PPKM Level 1

KOTA CIREBON, SC– Kota Cirebon masuk dalam salah satu daerah di Jawa Barat yang tingkat penyebaran Covid-19nya masuk dalam kategori pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1.

Ketua Harian Satgas Covid-19 yang juga Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi mengatakan, jika sebelumnya PPKM level 1 di Jawa Barat ditetapkan bagi Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran, maka berdasarkan penilaian yang dirilis Kementerian Kesehatan, 12 November 2021 kemarin, tingkat kewaspadaan Covid-19 di Kota Cirebon masuk dalam PPKM Level 1.

Agus menekankan pentingnya kolaborasi seluruh elemen masyarakat dalam upaya terus menekan angka penyebaran covid-19 di Kota Cirebon. Pihaknya menyampaikan rasa syukur atas pencapaian PPKM level 1 Kota Cirebon tersebut. Menurut Agus PPKM level 1 berhasil tidak lain berkat keterlibatan semua unsur perangkat daerah termasuk TNI dan Polri.

‚ÄúTerutama masyarakat yang mau melaksanakan upaya yang sudah ditetapkan pemerintah. Alhamdulillah kita bisa masuk (PPKM) level 1,” kata Agus, Minggu (14/11/2021).

Capaian level satu PPKM di Kota Cirebon sesuai dengan beberapa indikator pelacakan Covid-19, testing, tracing, treatment dan cakupan vaksinasi.

BACA JUGA: Banyak Pelaku Usaha di Kota Cirebon Langgar Jam Operasional

Misalnya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sejak 20 Oktober sampai 09 November, hanya 0,31 persen per 100.000 penduduk per minggunya. Begitupun pada indikator rawat inap capaiannya 0,31 persen per 100.000 penduduk per minggunya dengan sekala yang sama.

“Kota Cirebon Masuk PPKM Level 1 karena tracing kami memadai, indikator lainnya seperti kasus terkonfirmasi 0,31 begitupun juga dengan rawat inap,” katanya.

Indikator lainnya, angka kematian periode 20 Oktober sampai 09 November 0,00 per 100.000 penduduk per pekannya. Sementara indikator testing 0,06 persen positivityrate per minggu. Tracing 14,85 rasio kontak erat per kasus konfirmasi per minggu.

Sementara untuk indikator capain vaksinasi umum dan lansia keduanya sudah memadai, yakni vaksinasi umum 95,92 dan lansia 62,08.

“Alhamdulillah dengan capain itu semua Kota Cirebon bisa masuk level 1 PPKM. Ancaman masih ada, kita terus ingatkan masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya. (Surya)

Comment