by

Maling Motor Petani di Cirebon Diamuk Massa

CIREBON, SC- Seorang residivis kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor), UA babak belur dihajar warga setelah kepergok melakukan aksi pencurian sepeda motor milik seorang petani, warga Desa Tegalkarang, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon, Minggu (14/11/2021)

Warga Desa Srengseng, Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu itu babak belur dihajar massa hingga nyaris telanjang bulat.

Kepada Suara Cirebon, korban yang bernama Sukarma menuturkan, sekitar pukul 08.00 WIB, korban sedang menyemprot padi di sawahnya. Sepeti biasa sepeda motornya diparkir di bawah pohon kersem. Tidak lama, datang dua orang pemuda mengendarai satu sepeda motor berboncengan.

“Salah seorang pemuda kemudian berpura-pura mencari buah kersem. Namun, gerak-gerik pelaku yang mencurigakan tidak membuat korban kehilangan kewaspada saya,” kata Sukarma.

Terlebih, saat diamati pelaku terlihat tengah mengutak atik sepeda motornya. Tak lama sepeda motor korban pun dibawa pelaku.

“Spontan, saya mengejar sambil berteriak ‘tolong…tolong…maling…maling…!!!,” ujarnya.

Teriakan korban didengar petani lain yang tengah berada di sawah sehingga spontan ikut melakukan pengejaran dan penghadangan.

“Pelaku akhirnya berhasil ditangkap setelah dikepung para petani dan warga di sekitar sawah,” tuturnya.

Kebetulan, saat ini tengah banyak warga yang berkumpul di pinggiran sawah, mengisi waktu libur akhir pekan.

“Pelaku ada dua orang yang satu kabur mengendarai sepeda motor melarikan diri menuju ke arah selatan dan satu lagi yang lari ke sawah tertangkap oleh warga,” ujarnya.

Warga yang kesal pun langsung menghajar pelaku hingga babak belur. Semakin lama warga yang datang semaik banyak.

“Pada saat ketangkap pelaku ditanya oleh warga dan mengaku sebagai Winong, tetapi setelah dipukuli oleh beberapa orang kemudian mengaku orang Krangkeng,” ujarnya.

BACA JUGA: BKSDA Berhasil Amankan Kukang dan Elang Jawa

Beruntung, petugas dari Reskrim Polresta Cirebon dan Unit Reskrim Polsek Gempol segera tiba di tempat kejadian perkara hingga aksi main hakim warga dapat dihentikan. Petugas pun langsung mengamankan pelaku ke Mapolsek Gempol.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman melalui Kapolsek Gempol, Kompol Munawan membenarkan adanya kejadian tersebut. Menurutnya korban merupakan seorang residivis curanmor berinsial UA, warga Desa Srengseng, Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu.

“Pelaku dan kawannya revidis sepisialis ranmor. Dari tangan pelaku petugas berhasil mengamankan kunci leter T yang disimpan di tasnya,” kata Munawan.

Selain barang bukti kunci leter T dan pelaku, satu unit sepeda motor Honda Supra juga turut diamankan.

“Kami masih melakukan pemeriksaan dan pengembangan, termasuk melakukan pengejaran satu teman pelaku yang kabur melarikan diri,” pungkasnya. (Kirno)

Comment