by

Sinergi, Polres Ciko Luncurkan Program Dekat Bersahabat

KOTA CIREBON,  SC- Polres Cirebon Kota (Ciko) bersinergi dan kolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon meluncurkan program “Dekat Bersahabat”. Program ini berisi sejumlah inovasi pelayanan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Serta bentuk humanis anggota Polri kepada masyarakat.

Kapolres Cirebon Kota, AKBP Fahri Siregar mengatakan, program yang bersinergi dengan Pemkot Cirebon antara lain, Cirebon Patroli Religi (Cipali), Empati Kepada Yatim Piatu dan Lansia (Empal), serta Bermoderasi dan Beragama (Bergema).

“Program tersebut nanti berada di Satuan Samapta dan Satuan Binmas Polres Cirebon Kota,” kata Fahri, usai apel besar di halaman Balai Kota Cirebon, Jumat (19/11/2021).

Fahri menjelaskan, Program Cipali nantinya petugas yang berpatroli saat waktu salat singgah ke masjid dan salat berjemaah. Usai salat, anggota Samapta memberikan edukasi, pembinaan dan berdialog dengan para jemaah.

“Sedangkan Program Empal, Satuan Binmas memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan khususnya lansia dan yatim piatu,” jelas Fahri.

Sementara untuk Program Bergema, Satuan Samapta bekerja sama dengan salah satu institut menyasar generasi muda agar memiliki jiwa toleransi sehingga terwujudnya Kamtibmas.

“Pada pelaksanaannya kami akan bekerja sama dengan Pemkot Cirebon,” ujarnya.

Fahri menambahkan, pihaknya melibatkan 500 personel yang terbagi sesuai dengan tupoksinya. Bukan hanya itu, Satuan Binmas juga diminta membuat jaringan di masyarakat agar program bisa berjalan efektif.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Agus Mulyadi menyatakan mendukung inovasi yang digagas oleh Polres Cirebon Kota. Terlebih program bersentuhan langsung dengan masyarakat Kota Cirebon.

“Akronimnya mudah diingat dan langsung turun ke masyarakat. Kami sangat mendukung inovasi dari Polres Cirebon Kota,” ujarnya.

BACA JUGA: Kasat Binmas Polres Ciko Bagikan Masker di Pilwu

Diakuinya, Pemkot Cirebon sangat membutuhkan program yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Upaya ini akan memberi kemudahan Pemkot dalam mengendalikan kasus Covid-19, termasuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat jelang Natal dan tahun baru.

“Masyarakat diingatkan untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes) dan menjaga keamanan di wilayahnya,” tambahnya.

Pemkot Cirebon, lanjut dia, akan menerjunkan Satgas Covid-19, Dinas Kesatuan, Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) membantu program ini. (Surya)

Comment