by

Mayoritas Ingin Kuwu Baru

KABUPATEN CIREBON, SC- Pesta demokrasi Pilwu serentaktahun 2021 di Kabupaten Cirebon telah usai. Penetapan kuwu terpilih pun sudah dilakukan oleh masing-masing Panitia Pemungutan Suara (PPS) di desa-desa yang menyelenggarakan Pilwu. Berdasarkan hasil penghitungan diketahui, sebagian besar calon kuwu petahana tumbang pada Pilwu yang dugelar, Minggu (21/11/2021) tersebut.

Kabid Pemdes DPMD Kabupaten Cirebon, Aditya Arif Maulana mengatakan, mengaku tidak tahu pasti jumlah calon petahana yang tumbang dalam kontestasi Pilwu serentak kemarin. Pasalnya, proses rekap belum selesai seratus persen.

“Kalau prediksi sih fifty-fifty ya antara yang terpilih dan tidak terpilih kembali,” kata Adit kepada Suara Cirebon, Senin (22/11/2021).

Namun, ia menegaskan,  kuwu petahana yang cuti karena kembali mencalonkan sudah harus ngantor lagi terhitung sejak Senin (22/11) kemarin.

“Penetapan Kuwu terpilih sudah di PPS masing-masing, nah bagi kuwu yang cuti sudah harus ngantor lagi,” ujar Adit.

Saat ini pihaknya masih menunggu masuknya data hasil rekap dari kecamatan yang sudah bertandatagan camat setempat. Karena itu, Adit juga mengaku belum bisa memastikan selesainya proses rekap tingkat kabupaten. Sesuai Perbup yang ada, kata dia, lamanya waktu rekap diatur hingga batas maksimal 14 hari.

“Sesuai Perbup itu, dari panitia ke BPD 7 hari lalu dari BPD ke kecamatan 7 hari, baru setelah itu ke kita,” paparnya.

Informasi yang berhasil dihimpun Suara Cirebon menyebutkan, dari 74 calon kuwu petahana yang ikut kontestasi tersebut, sebanyak 31 calon kuwu petahana kembali terpilih. Sedangkan sisanya, sebanyak 43 calon petahana tumbang alias tidak terpilih kembali.

Diberitakan sebelumnya, Sejumlah calon kuwu petahana “tumbang” pada pelaksanaan pemilihan kuwu (Pilwu) serentak Kabupaten Cirebon tahun 2021, Minggu (21/11/2021).

Beberapa calon kuwu petahana itu bahkan ada yang hanya berada di urutan ketiga atau empat dalam perolehan suara. Mereka dikalahkan calon-calon kuwu yang sebagian merupakan wajah baru dalam perpolitikan tingkat desa.

BACA JUGA: Kapolres Ciko Pastikan Pergeseran Kotak Suara Aman

Beberapa kuwu petahana yang tumbang di antaranya, Kuwu Desa Klayan, Iman yang hanya berada di urutan tiga, Kuwu Pasindangan, Indra Triyadi yang berada di urutan tiga, Kuwu Trusmi Wetan, Yuhantono dan termasuk Kuwu Desa Jungjang, Kecamatan Arjawinangun, Sutrisno yang dikalahkan calon kuwu berlatarbelakang tukang becak, Kasmin.

Meski begitu ada juga beberapa petahana yang memenangkan Pilwu serentak seperti Kuwu Trusmi Kulon, Abdul Tolib yang unggul atas calon pesaingnya, Hadirman, serta Kuwu Klangenan, Rohmat Hidayat yang kembali terpilih untuk kedua kali dalam pemilihan. (Islah)

Comment