by

Sutrisno Ajak Masyarakat Gemar Tanam Pohon

MAJALENGKA, SC- Guna mengatasi kerusakan Daerah Aliran Sungai (DAS) dan hutan, serta meningkatkan perekonomian, masyarakat diajak untuk gemar menanam pohon.

Ajakan itu disampaikan anggota Komisi IV DPR RI, H. Sutrisno, saat penyerahan 10 ribu bibit pohon. Bibit pohon tanaman produktif diserahkan pada kelompok tani hutan dan kepala desa di wilayah Kabupaten Majalengka dan Sumedang.

Ribuan bibit  pohon produktif yang dibagikan merupakan aspirasi anggota Komisi IV DPR RI, Sutrisno pada pemerintah melalui Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Cimanuk –Citanduy, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rabu (24/11/2021).

Kegiatan tersebut juga dihadiri Eman Suherman Kasi RHL BPDASHL, Ketua dan anggota kelompok tani penerima manfaat, tokoh masyarakat dan kepala desa dari Kabupaten Majalengka dan Sumedang.

Menurut legislator PDIP, pemberian bibit tanaman pohon produktif ini teruatama diberikan kepada masyarakat yang bermukim di hulu sungai serta kawasan hutan. Program bantuan bibit diharapkan dapat menjaga kelestarian lingkungan sekitar sungai dan kawasan sekitarnya. Selain menjaga lingkungan, bantuan bibit tanaman produktif  tersebut ke depan diharapkan dapat membantu peningkatan ekonomi masyarakat.

“Program ini selain menjaga agar lingkungan tetap lestari,juga perekonomian rakyat dapat meningkat. Jaga lingkungan, jaga pohon, ayo tanam pohon,” imbau mantan Bupati Majalengka dua periode ini.

BACA JUGA: Petani dan Pelaku Industri di Majalengka Ikuti Bimtek Ipal

Kasi RHL BPDASHL, Eman Suherman menjelaskan,bantuan bibit pohon tanaman produktif merupakan aspirasi dari anggota dewan dari komisi IV DPR RI, H. Sutrisno. “Tahun lalu juga dibagikan bibit tanaman produktif dari aspirasi beliau, jumlahnya lebih banyak, 20 ribu bibit,” jelasnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih pada Sutrisno yang dinilai sangat aktif dan peduli dengan lingkungan. ”Kami sangat terbantu sekali, beliau tak segan turun langsung menggerakan masyarakat untuk peduli dan menjaga lingkungan,” ucapnya.  

Sedangkan jenis bibit tanaman produktif yang disalurkan, lanjutnya yaitu tanaman mangga, durian, dan alpukat. (Dins)

Comment