by

Total Pasien Covid-19 di Kabupaten Cirebon hanya 8 Orang

KABUPATEN CIREBON, SC- Berdasarkan Pusat Data Harian Penanganan Covid-19 per Rabu 24 November 2021, status kewaspadaan Covid-19 Kabupaten Cirebon masih berada di posisi level 3 PPKM. Hal itu disebabkan karena target capaian vaksinasi kategori lansia baru berada di angka 37,25 persen dari yang disyaratkan sebanyak 40 persen untuk bisa turun ke level 2 PPKM.

Bupati Cirebon, H Imron MAg, menyebut capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Cirebon secara umum sudah menembus angka hampir 80 persen. Oleh karenanya, Pemkab Cirebon terus berupaya menggenjot capaian vaksinasi tersebut untuk mengejar target posisi level 2 PPKM.

“Makanya warga Kabupaten Cirebon harus sudah divaksin pada ambang batas persentase per kategorinya. Seperti, jika ingin masuk level 2 maka dosis 1 pada kategori umum minimal 50 persen dan lansia dosis 1 harus mencapai 40 persen,” kata Imron, Kamis (25/11/2021).

Sedangkan syarat untuk bisa turun ke level 1, kata Imron, maka dosis 1 untuk umum minimal 70 persen dan lansia minimal 50 persen. Untuk memenuhi syarat tersebut, dibutuhkan kerja sama semua pihak agar target capaian harian bisa cepat dikejar.

Ia menyampaikan, secara umum Kabupaten Cirebon sudah bisa menembus target capaian minimal 70 persen vaksinasi Covid-19. Hal itu terlihat dari catatan harian pusat data yang mencatat capaian vaksinasi secara umum ada di angka 79,05 persen.

Kondisi tersebut membuktikan bahwa target yang dicanangkan bisa tercapai sehingga bisa mengebut capaian vaksinasi kategori lainnya. Imron meyakini hal tersebut bisa dilakukan dengan kerja keras tim penanganan Covid-19 yang dilaksanakan setiap harinya.

“Hingga saat ini vaksinasi masih terus dikebut dengan target terbentuknya herd immunity pada akhir 2021,” papar Imron.

Sementara itu, Ketua Bidang Pelayanan Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon, dr Bambang Sumardi, mengatakan, pada pekan ini jumlah kasus menurun drastis. Dari total 24.344 orang terkonfirmasi positif, sebanyak 23.447 orang selesai isolasi. Jumlah kasus yang masih dalam perawatan baik di RS atau isolasi mandiri hanya 8 orang saja.

“Untuk yang meninggal dari sejak awal pendemi memang mencapai 889 orang dari berbagai kalangan. Bahkan di pekan ini jumlah orang terkonfirmasi baru tidak ada,” terangnya.

BACA JUGA: Kejar Target Vaksinasi, Lurah Tukmudal Keliling Kampung

Menurut Bambang, jumlah warga Kabupaten Cirebon yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 mencapai lebih dari 1,7 juta jiwa yang terdiri dari nakes, lansia, remaja, dan lainnya. Namun, pihaknya mencatat hingga kini warga yang telah menjalani vaksinasi baru mencapai lebih dari 1,4 juta jiwa termasuk vaksin booster bagi nakes.

“Kami yakin target vaksinasi Kabupaten Cirebon tercapai akhir tahun ini. Karena tinggal sedikit lagi untuk mencapainya,” ujar Bambang. 

Ia pun mengingatkan agar masyarakat Kabupaten Cirebon tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan karena pandemi Covid-19 belum berakhir. Di antaranya, memakai masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan orang sekitar, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas. Bambang menyampaikan, protokol kesehatan harus dipatuhi untuk mencegah penyebaran Covid-19 meski kini di Kabupaten Cirebon kasusnya makin melandai. (Islah)

Comment